fbpx
Article

Sakit Gigi Bikin Pipi Bengkak? Yuk, Atasi dengan Ini!

  • Home
  • -
  • Keluhan Gigi
  • -
  • Sakit Gigi Bikin Pipi Bengkak? Yuk, Atasi dengan Ini!
Sakit Gigi Bikin Pipi Bengkak? Yuk, Atasi dengan Ini!

Sakit gigi sendiri bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Selain rasa sakit yang membuat tidak nyaman, berbagai aktivitas seperti makan, minum dan bicara juga bisa terganggu. Ditambah pipi yang membengkak, Anda pun bisa jadi tidak percaya diri. Faktanya, pipi bengkak karena sakit gigi adalah hal yang umum terjadi.

Pipi bengkak karena sakit gigi bisa terjadi ketika ada masalah pada gigi dan gusi Anda. Jika bengkak di pipi tidak segera diatasi, ini bisa semakin parah. Simak penyebab pipi bengkak karena sakit gigi berikut ini dan cara mengatasinya!

Penyebab Pipi Bengkak Saat Sakit Gigi

orang sakit gigi sampai ke kepala

Sakit gigi dan pipi yang bengkak bisa disebabkan oleh berbagai masalah seperti:

  • Kerusakan gigi
  • Cedera gigi
  • Gigi yang retak
  • Filling gigi yang longgar atau rusak
  • Radang pula di dalam gigi
  • Abses gigi (adanya kantung berisi nanah yang ada di gusi sekitar gigi)

Gigi juga bisa sakit jika Anda mengalami infeksi sinus, sariawan atau masalah pada rahang. Jika pipi sampai bengkak dan menimbulkan rasa sakit yang hebat, kemungkinan besar ada infeksi di gusi atau gigi Anda.

Cara Mengatasi Pipi Bengkak Karena Sakit Gigi

Gambar seorang pria dengan kondisi sakit di bagian giginya

Untuk mengatasi pipi yang bengkak saat sakit gigi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan antara lain:

Menggunakan Kompres Dingin

Menggunakan kompres dingin dari es batu yang sudah dibungkus dengan kain atau handuk lembut bisa membantu mengurangi rasa sakitnya. Efek dari kompres dingin ini bisa mengurangi pembengkakan. Kompres dingin juga dapat mempersempit pembuluh darah sehingga aliran daerah ke daerah yang bengkak jadi lebih lambat. Ini akan mengurangi denyut yang mengganggu.

Berkumur dengan Air Garam

Berkumur menggunakan air garam bisa membantu Anda meringankan sakit gigi sekaligus mengurangi bengkak di pipi. Caranya adalah masukkan 2 sendok makan garam ke dalam segelas air hangat. Aduk rata kemudian berkumurlah dengan campuran ini. Lakukan setidaknya 3 kali sehari sampai Anda merasa lebih nyaman dan sakitnya berkurang.

Menggunakan Obat Antiradang dan Antinyeri

Ada banyak obat pereda nyeri dan anti inflamasi yang dijual di pasaran. Obat-obatan ini bisa membantu meringankan rasa sakit karena masalah pada gusi, gigi dan pipu Anda. Pastikan Anda mengonsumsi obat sesuai dengan aturan yang tertera pada kemasan. Jika setelah 3 hari gejalanya tidak berkurang, jangan ragu untu segera mengunjungi dokter gigi.

Periksakan Diri ke Dokter Gigi

Apabila bengkak yang Anda alami disertai dengan rasa sakit parah, nyeri saat membuka mulut dan demam, Anda harus segera mengunjungi dokter gigi. Pasalnya kondisi ini bisa menjadi tanda adanya infeksi pada gigi, gusi dan jaringan lain di dalam mulut.

Apabila tidak segera mendapat penanganan, nyerinya bisa menyebar sampai ke tulang rahang. Lebih fatal lagi, penderita bisa mengalami sepsis atau infeksi darah yang mengancam jiwa.

Menggunakan Antibiotik

Jika pipi yang bengkak terjadi karena infeksi bakteri, Anda harus mengonsumsi antibiotik sebagai langkah pengobatan. Tapi perlu diingat bahwa antibiotik hanya boleh dikonsumsi dengan resep dokter. Minum antibiotik sembarangan tidak akan membantu kondisi Anda tapi malah akan meningkatkan risiko resistensi antibiotik yang akan memperburuk keadaan.

Itulah beberapa cara mengatasi pipi bengkak karena sakit gigi. Jika Anda mengalami keluhan dan masalah lain yang mengganggu seputar kesehatan gigi dan mulut, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi terdekat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *