fbpx
Article

Berapa Lama Implan Gigi Bertahan? Ini Faktor Penentunya!

  • Home
  • -
  • Seputar Gigi
  • -
  • Berapa Lama Implan Gigi Bertahan? Ini Faktor Penentunya!
Berapa Lama Implan Gigi Bertahan? Ini Faktor Penentunya!

Implan gigi adalah metode umum dalam kedokteran gigi untuk menggantikan gigi yang hilang. Ini melibatkan pemasangan sekrup atau batang titanium yang berfungsi sebagai akar tiruan. Mahkota gigi palsu kemudian dipasang ke implan untuk mengembalikan fungsi dan penampilan mulut. Prosedur ini memungkinkan pasien untuk memiliki gigi yang kuat dan alami, meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan mulut secara keseluruhan.

Lalu, berapa lama implan gigi bertahan setelah pemasangan? Apa saja faktor yang berpengaruh pada daya tahan implan gigi? Simak penjelasannya!

Berapa Lama Implan Gigi Bertahan?

Secara umum, implan gigi didesain agar bisa digunakan seumur hidup. Namun karena berbagai faktor, implan bisa saja tidak bertahan selama itu. Berdasarkan studi, tingkat kesuksesan implan yang membuatnya mampu bertahan sampai lebih dari 10 tahun adalah sekitar 90-95%. Namun menurut Carmel Smiles Dentists, ada juga implan gigi yang bertahan sampai 25 tahun.

Faktor yang Mempengaruhi Implan Gigi Bertahan Lebih Lama 

Macam - macam Implan Gigi

Sebagai solusi permanen untuk menggantikan gigi yang hilang, banyak orang yang berharap implan gigi yang mereka pasang bisa bertahan selamanya. Namun, ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan implan gigi lepas antara lain:

Bahan yang di Gunakan Untuk Implan Gigi

Kualitas bahan implan gigi sangatlah penting. Bahan yang ideal seperti titanium, memiliki biokompatibilitas tinggi, menyatu dengan tulang rahang dengan baik, dan tahan lama.

Prosedur Pemasangan Implan Gigi 

Memilih dokter gigi yang berpengalaman dapat meningkatkan peluang keberhasilan dan ketahanan implan. Untuk memastikan implan gigi yang kamu gunakan dipasang dengan baik dan bisa bertahan sesuai dengan yang seharusnya, pastikan kamu melakukan pemasangan di klinik gigi tepercaya.

Klinik Gigi Axel Dental telah menyiapkan tenaga dokter berpengalaman sekaligus peralatan medis terkini untuk memastikan pemasangan implan yang berkualitas, aman dan tahan lama.

Tergantung Cara Merawat Implan Gigi

Perawatan yang baik adalah kunci utama ketahanan implan. Berikut beberapa tips:

  • Menjaga kebersihan mulut. Sikat gigi dua kali sehari dan gunakan benang gigi secara teratur
  • Pemeriksaan rutin. Kunjungi dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk kontrol dan pembersihan profesional
  • Hindari kebiasaan buruk. Berhenti merokok dan batasi konsumsi makanan dan minuman manis
  • Perawatan tambahan. Gunakan obat kumur khusus implan dan pelindung mulut saat berolahraga.

Itulah penjelasan mengenai berapa lama implan gigi bertahan. Implan gigi dirancang untuk bertahan seumur hidup, dengan tingkat kesuksesan mencapai 90-95% selama lebih dari 10 tahun. Faktor-faktor seperti bahan implan, prosedur pemasangan, dan perawatan yang baik mempengaruhi daya tahannya. Pilih bahan berkualitas, dokter berpengalaman, dan perawatan rutin untuk memastikan implan gigi bertahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *