fbpx
Article

Mana yang Lebih Baik? Gigi Palsu Permanen atau Lepasan?

  • Home
  • -
  • Lainnya
  • -
  • Mana yang Lebih Baik? Gigi Palsu Permanen atau Lepasan?
Mana yang Lebih Baik? Gigi Palsu Permanen atau Lepasan?

Kehilangan gigi dapat mengganggu penampilan dan fungsi makan. Gigi palsu hadir sebagai solusi untuk mengembalikan senyum dan kemampuan mengunyah. Namun, memilih antara gigi palsu permanen dan lepasan bisa jadi hal yang membingungkan. Terutama bagi kamu yang baru pertama kali memasang gigi palsu. Sebenarnya, lebih baik gigi palsu permanen atau lepasan?

Mana yang lebih baik antara gigi palsu permanen dan lepasan tergantung pada beberapa faktor seperti kondisi gigi dan gusi, anggaran, gaya hidup dan preferensi pribadi. Mari kita bandingkan keduanya untuk mengetahui lebih baik gigi palsu permanen atau lepasan!

Gigi Palsu Permanen Hanya 1x Pasang

Implan Gigi Palsu

Seperti namanya, gigi palsu permanen dipasang dengan ditanam di rahang gigi lewat prosedur operasi. Setelah terpasang, gigi palsu ini tidak perlu dilepas dan dipasang kembali. Sebaliknya, gigi palsu lepasan bisa dilepas dan dipasang kembali dengan mudah tanpa bantuan dokter gigi.

Gigi Palsu Lepasan Kurang Stabil dalam Mengunyah Makanan

Dari segi stabilitas, gigi palsu lepasan kurang stabil dan bisa goyang ketika dipakai untuk makan atau berbicara. Sementara gigi palsu, karena tertanam di rahang sangat stabil dan nyaman digunakan (tidak goyah).

Perawatan Gigi Palsu Lepasan Lebih Ribet

Gigi palsu lepasan dan permanen juga berbeda dari segi perawatan. Untuk menjaga kesehatan dan mencegah infeksi pada gigi palsu permanen, kamu membutuhkan bantuan dokter. Sebaliknya, gigi palsu lepasan bisa dibersihkan sendiri di rumah dengan menggunakan larutan pembersih khusus dan sikat gigi. Beberapa jenis larutan pembersih gigi palsu yang bisa kamu gunakan antara lain:

  • Polident: Mengandung bahan aktif untuk membersihkan plak dan bakteri
  • Steradent: Membunuh jamur dan bakteri
  • Fittydent: Mengandung bahan pemutih untuk mencerahkan gigi palsu.

Gigi Palsu Permanen Terlihat Seperti Gigi Asli

Satu buah gigi palsu jenis implan

Dari segi tampilan dan estetika, gigi palsu permanen biasanya dibuat semirip mungkin dengan gigi asli baik dari segi bentuk maupun warnanya. Ini akan membuat orang yang menggunakannya lebih percaya diri ketika tersenyum. Sebaliknya, gigi palsu lepasan biasanya kurang terlihat seperti gigi asli sehingga dapat mengganggu estetika.

Biaya Pemasangan Gigi Palsu Permanen Jauh Lebih Mahal

Gigi palsu permanen biasanya lebih mahal karena melibatkan prosedur operasi yang rumit dan bahan berkualitas tinggi. Proses pemasangannya membutuhkan keahlian dokter gigi spesialis dan beberapa kali kunjungan. Sementara itu, gigi palsu lepasan lebih terjangkau, tidak memerlukan operasi, dan bisa dipasang serta dilepas sendiri oleh pasien. Meskipun lebih murah, gigi palsu lepasan mungkin memerlukan penyesuaian berkala untuk kenyamanan dan fungsi optimal.

Baca juga: Biaya Pasang Gigi Palsu di Puskesmas BPJS & Non BPJS

Terlepas dari apapun pilihan gigi palsu yang ingin kamu gunakan, penting untuk melakukan pemasangan gigi palsu di klinik yang tepercaya. Klinik Gigi Axel Dental dengan pengalaman bertahun-tahun siap membantumu menentukan opsi terbaik antara pemasangan gigi palsu permanen dan pemasangan gigi palsu lepasan.

Memilih antara gigi palsu permanen dan lepasan bergantung pada kebutuhan dan preferensi individu. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Konsultasikan dengan dokter gigi untuk mendapatkan rekomendasi terbaik sesuai kondisi gigi dan anggaran kamu. Klinik Gigi Axel Dental siap membantu memberikan solusi yang tepat agar kamu bisa kembali tersenyum dengan percaya diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *