fbpx
Article

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut: Sang Penakluk Penyakit Mulut

  • Home
  • -
  • Lainnya
  • -
  • Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut: Sang Penakluk Penyakit Mulut
Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut: Sang Penakluk Penyakit Mulut

Pernahkah Anda mendapati gelar Sp.BM pada nama seorang dokter gigi? Gelar ini merupakan gelar spesialis yang dimiliki dokter gigi spesialis bedah mulut. Apa yang membedakan dokter gigi biasa dengan spesialis bedah mulut? Lalu, apa saja cakupan kerja yang dimiliki spesialis bedah mulut? Temukan jawabannya di artikel berikut.

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut: Bukan Dokter Gigi Biasa

Ilustrasi gambar seorang dokter gigi spesialis bedah mulut

Sering juga disebut singkat sebagai ‘dokter bedah mulut’, dokter gigi spesialis bedah mulut merupakan dokter gigi yang menangani beragam penyakit pada mulut, rahang, gigi, dan lidah. Berbeda dari dokter gigi umum, cakupan kerja yang dimiliki dokter gigi bedah mulut biasanya berkaitan dengan tindakan bedah. 

Mungkin spesialisasi bedah mulut masih terdengar asing bagi Anda. Tak heran, Indonesia memang masih kekurangan ahli di bidang bedah mulut, dan hal ini menyebabkan tidak banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui bahwa ada spesialisasi ini untuk dokter gigi. Agar lebih mudah memahami perbedaan dokter gigi umum dengan dokter spesialis bedah mulut, Anda bisa membaca penjelasan berikut.

Perbedaan Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut dengan Dokter Gigi Umum 

Apa perbedaan dokter gigi umum dengan dokter gigi spesialis bedah mulut? Beberapa aspek berikut dapat membantu Anda lebih memahami perbedaan dokter gigi umum dengan dokter gigi bedah mulut. 

Latar Belakang Pendidikan

Dokter gigi bedah mulut telah menjalani pendidikan program spesialis di bidang bedah mulut. Proses pendidikan spesialis ini memakan waktu yang lama, yaitu 5-10 semester. Jadi, untuk mendapatkan titel Sp.BM, dokter gigi umum perlu menimba ilmu lagi agar dapat memiliki gelar tersebut.

Baca juga: Berikut Tips Sukses Menempuh Jurusan Dokter Gigi

Cakupan Kerja

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut berwenang melakukan lebih banyak tindakan dibandingkan dokter gigi umum, terutama untuk kasus yang membutuhkan tindakan pembedahan. Kasus-kasus yang biasanya membutuhkan pembedahan meliputi abses gigi, tumor, rekonstruksi rahang, maupun operasi gigi bungsu

Bagi masyarakat awam, tidak mudah memang untuk menentukan apakah sebuah kasus dinilai perlu ditangani oleh dokter gigi dengan spesialis bedah mulut. Oleh karena itu, Anda bisa mengunjungi dokter gigi umum terlebih dahulu. Dokter gigi umum akan membantu Anda untuk mengidentifikasi tingkat keparahan kondisi Anda dan menilai apakah kasus tersebut perlu dirujuk ke dokter gigi spesialis bedah mulut.

Meski demikian, bukan berarti Anda tidak bisa langsung mengunjungi dokter bedah mulut jika Anda mengalami kondisi serius. Sebagai contoh, jika Anda mendapati ada massa dengan ukuran cukup besar terlihat di rongga mulut, akan lebih baik jika Anda memeriksakan diri ke dokter bedah mulut agar bisa mendapatkan penanganan lebih cepat.

Cakupan Kerja Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut

Cakupan pekerjaan dokter gigi spesialis bedah mulut

Apa saja cakupan kerja yang dimiliki oleh dokter gigi spesialis bedah mulut? Sebagaimana telah disebutkan, dokter gigi dengan spesialis bedah mulut menangani beragam penyakit gigi dan mulut. Hanya saja, wewenang dari dokter gigi spesialis bedah mulut lebih mengarah ke kasus-kasus yang membutuhkan tindakan bedah.

Beberapa kondisi yang membutuhkan penanganan dari dokter gigi spesialis bedah mulut adalah sebagai berikut :

Adanya Abses di Area Mulut dan Rahang 

Abses merupakan jaringan massa yang lunak berisi nanah. Hal ini timbul karena sistem kekebalan tubuh melawan infeksi yang terjadi di jaringan mulut/rahang. Untuk menanganinya, dokter gigi spesialis bedah mulut akan melakukan tindakan pengeringan abses serta pemberian antibiotik.

Baca juga: Sumbuhin Secepatnya! Nih, 5 Cara Mengatasi Abses Gigi!

Kelainan pada Daerah Mulut maupun Rahang

Contohnya adalah kasus bibir atau langit-langit mulut sumbing (labioschisis atau palatoschisis). Untuk kasus ini, biasanya dokter akan berkolaborasi dengan berbagai dokter/tenaga medis dari disiplin ilmu lainnya. Misalnya, spesialis bedah, spesialis THT, spesialis anak, serta perawat dan psikolog.

Impaksi Gigi 

Impaksi gigi merupakan suatu kondisi ketika pertumbuhan gigi tidak terjadi pada posisi yang tepat. Akibatnya, sebagian maupun keseluruhan gigi terjebak di gusi.

Gangguan pada Temporomandibular Joint (TMJ)

Kelainan sendi rahang, atau yang biasanya disebut sebagai temporomandibular disorder (TMD), merupakan cakupan kerja dari dokter bedah mulut juga. Kelainan ini akan menyerang TMJ, yaitu sendi yang menggerakkan rahang serta menghubungkan rahang dengan tengkorak.

Adanya Kista, Tumor, atau Kanker pada Daerah Mulut dan Rahang

Kasus-kasus tumor maupun kanker juga merupakan ranah kerja dari seorang spesialis bedah mulut. Contoh dari kasus yang biasanya ditangani oleh spesialis bedah mulut adalah kanker mulut, kanker lidah, kanker kelenjar air liur, dan kista gigi.

Axel Dental, Klinik Gigi Komprehensif Terkemuka di Kawasan Jabodetabek

Tingginya minat masyarakat untuk mempercayakan perawatan dan pengobatan masalah gigi dan mulutnya di Axel Dental menjadikan klinik kami berkembang masif seperti saat ini. Enam tahun berlalu sejak pembukaan klinik pertama kami di kawasan Serpong, saat ini Axel Dental sudah memiliki 15 cabang yang tersebar di kawasan Jabodetabek.

Kepercayaan masyarakat ini tentunya didukung oleh barisan staf dokter gigi umum, dokter gigi spesialis, perawat, dan karyawan yang siap melayani kebutuhan Anda akan perawatan/pengobatan untuk masalah gigi dan mulut.

dokter gigi spesialis bedah mulut merupakan salah satu dari enam bidang spesialisasi gigi yang bisa Anda jumpai di klinik kami. Selain spesialis bedah mulut, Anda bisa menjumpai dokter gigi spesialis ortodonti, konservasi gigi, prostodonsia, periodoncia, dan gigi anak. Dengan layanan yang berkualitas serta alat dan bahan yang berstandar internasional, Anda tak perlu lagi ragu untuk memeriksakan kondisi kesehatan gigi dan mulut Anda di Axel Dental.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *