fbpx
Article

Biar Nggak Kaget, Ini Loh Efek Pertama Kali Pakai Behel!

  • Home
  • -
  • Perawatan Gigi
  • -
  • Biar Nggak Kaget, Ini Loh Efek Pertama Kali Pakai Behel!
Biar Nggak Kaget, Ini Loh Efek Pertama Kali Pakai Behel!

Pemasangan behel atau kawat gigi menjadi salah satu solusi yang banyak dipilih untuk bisa mendapatkan senyuman yang menawan. Hal ini karena behel bisa membantu memperbaiki struktur gigi yang tidak rata atau mengatasi masalah gigi bertumpuk

Kendati demikian, tidak sedikit yang ragu untuk melakukan prosedur pemasangan behel karena takut sakit. Agar menjadi lebih siap mental sebelum memasang kawat gigi, ketahui beberapa informasi seputar efek pertama kali pakai behel dan tips mengatasi rasa tidak nyaman pada gigi saat memakai behel. 

Baca juga: Memakai Behel Palsu Bikin Bahaya: Kok Bisa?

Apa Efek Pertama Kali Pakai Behel yang Umum Dirasakan?

Setelah melakukan pemasangan behel, Anda akan merasakan ketidaknyamanan seperti rasa nyeri atau linu di gigi. Hal itu terjadi tentunya karena gigi dan gusi masih beradaptasi dengan gaya tarik dari kawat. Oleh karenanya, pada awal pemakaian, Anda mungkin akan lebih rentan mengalami peradangan gusi sebagai efek samping pemasangan behel.

Selain itu, efek lain yang mungkin terjadi adalah adanya sariawan. Keluhan itu terjadi karena adanya gesekan antara pipi bagian dalam, bibir, dan mulut, dengan behel yang baru dipasang. 

Berapa Lama Efek Tersebut Berlangsung?

Efek pertama kali pakai behel yang bikin tidak nyaman itu umumnya akan langsung dirasakan dalam satu atau dua jam setelah pemasangan kawat gigi. Dalam beberapa kasus, pengguna behel mungkin hanya merasakan nyeri atau ketidaknyamanan itu saat makan. Selain itu, ada pula yang mengeluhkan sakit kepala atau rasa tidak nyaman di bagian rahang saat pertama kali memakai behel. Namun umumnya, semua keluhan itu akan hilang dalam beberapa hari atau seminggu. 

Adapun beberapa efek samping pemakaian behel yang mungkin terjadi di minggu pertama, yakni:

  • Nyeri pada gusi
  • Luka di pipi bagian dalam
  • Adanya potensi luka pada lidah
  • Rasa nyeri atau linu pada gigi saat makan

Apakah Wajar Kita Merasakan Sakit pada Gigi saat Pertama Kali Memakai Behel?

kesakitan karena sakit gigi

Merasakan sakit atau ketidaknyamanan di awal pemakaian behel tergolong hal yang wajar. Seiring waktu, Anda tentunya akan bisa beradaptasi dengan berbagai efek yang ditimbulkan selama penggunaan behel. Apalagi pengencangan kawat gigi umumnya dilakukan secara bertahap. 

Biasanya, pengencangan behel dilakukan sebulan sekali atau sesuai kebutuhan, tergantung pada kemajuan si pemakai. Saat prosedur itu dikerjakan, pemakai behel cenderung mengalami ketidaknyamanan yang sama seperti saat pertama kali memasang kawat gigi. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin bisa merasakan nyeri yang terasa lebih berat.

Meski demikian, pada umumnya, orang hanya akan merasakan sakit ringan pada gigi dan gusi setelah kawat gigi dikencangkan. Hal ini karena pipi dan lidah sudah mulai terbiasa dengan prosedur tersebut sehingga risiko munculnya lecet di bagian dalam mulut juga menjadi lebih kecil.

Lakukan Ini Untuk Mengurangi Rasa Tidak Nyaman di Gigi Saat Pertama Kali Memakai Behel

gusi sakit pada seorang wanita

Jadi, Anda tidak perlu takut lagi pada efek pertama kali pakai behel. Ada beberapa cara yang efektif untuk mengurangi rasa tidak nyaman di gigi dan mulut saat pertama kali memasang kawat gigi. Yuk, disimak!

Kompres dengan Es

Untuk mengurangi rasa sakit akibat pemasangan behel pertama kali, Anda bisa menempelkan kompres es pada bagian yang tidak nyaman di area mulut. Selain mengurangi rasa sakit, kompres es bisa membantu mengatasi peradangan yang terjadi saat awal pemakaian behel. 

Baca juga: Suka Ngunyah Es Batu Ternyata Nggak Bagus, Ini Dampaknya!

Makan atau Minum Sesuatu yang Dingin

Makan atau minumlah sesuatu yang dingin untuk membantu meredakan rasa sakit di mulut Anda. Cara ini juga efektif dalam mengurangi peradangan yang terjadi di awal pemasangan behel. Namun demikian, jangan lupa menyikat gigi setelah makan atau minum sesuatu yang manis untuk mencegah pembusukan pada gigi. Anda juga bisa menghisap es batu atau menyesap air es untuk meredakan nyeri di awal pemakaian behel.

Kumur Air Garam

Di awal pemakaian behel, Anda mungkin mengalami luka di sepanjang gusi dan pipi bagian dalam. Kondisi itu lumrah terjadi saat Anda mulai beradaptasi dengan pemakaian kawat gigi. Berkumurlah dengan larutan air garam hangat selama satu menit untuk membantu mengurangi infeksi dan rasa nyeri akibat iritasi dari pemasangan kawat gigi.

Perhatikan Diet Anda

Saat baru memasang behel, gusi dan gigi Anda akan menjadi lebih sensitif. Akibatnya, kegiatan makan pun akan terasa menyakitkan. Karena alasan ini, sebaiknya hindari makanan yang terlalu keras dan renyah seperti keripik dan sayuran mentah. Sebaliknya, pilihlah makanan yang lunak dan bertekstur cair, seperti kentang tumbuk, sup, smoothie, atau yogurt, yang tidak harus terlalu dikunyah. Setelah gigi tampak sudah beradaptasi dengan behel dan rasa sakit mereda, Anda pun dapat kembali ke kebiasaan makan normal yang biasa dilakukan.

Demikian ulasan seputar efek pertama kali pakai behel yang tentunya bakal sangat berguna bagi Anda yang baru mau memasang kawat gigi. Ingin tahu lebih banyak informasi seputar behel? Baca juga artikel tentang model behel, warna karet behel yang bagus pada gigi, serta apa saja tanda Anda butuh memasang behel. 

Baca juga: Sangat Dianjurkan Oleh Dokter! 7 Cara Merawat Kawat Gigi Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *