fbpx
Article

Kenali Invisalign: Kawat Gigi Viral Berbentuk Jaket

  • Home
  • -
  • Perawatan Gigi
  • -
  • Kenali Invisalign: Kawat Gigi Viral Berbentuk Jaket
Kenali Invisalign: Kawat Gigi Viral Berbentuk Jaket

Pernahkah Anda mendengar istilah Invisalign pada gigi? Istilah ini merujuk pada sebuah alat yang digunakan untuk merapikan gigi yang berantakan. Bisa dikatakan,kawat gigi invisalign merupakan alternatif alat yang dapat Anda pilih jika Anda kurang suka dengan penggunaan kawat gigi.

Penasaran bagaimana cara kerja alat ini dan apa kelebihannya dibandingkan dengan metode merapikan gigi lainnya? Yuk, cari tahu jawabannya di artikel berikut.

Apa Itu Kawat Gigi Invisalign?

Ilustrasi gambar seorang wanita sedang memegang invisalign. Sebuah produk yang biasanya digunakan untuk perawatan gigi

Pada dasarnya, Invisalign merupakan sebuah merek dagang dari produk perawatan gigi dari Amerika Serikat. Produk ini dijual dalam bentuk ‘jaket’ untuk gigi yang bermanfaat untuk merapikan gigi Anda. 

Terbuat dari plastik transparan, produk ini mirip dengan retainer yang biasanya digunakan pasca pemasangan kawat gigi. Bedanya, produk ini menggunakan bahan plastik yang lebih elastis dibandingkan dengan retainer.

Baca juga: Keliatan Makin Cantik! Simak Fungsi dan Jenis Retainer Gigi Ini!

Karena sifatnya yang elastis inilah produk ini disebut-sebut lebih nyaman untuk digunakan dibandingkan dengan memasang kawat gigi. Selain itu, jika menurut Anda kawat gigi mengganggu tampilan senyum Anda, aligner ini bisa Anda pilih karena warnanya yang transparan.

Mengapa Memilih Perawatan Kawat Gigi Invisalign?

Ilustrasi gambar seorang wanita sedang memegang invisalign. Sebuah produk yang biasanya digunakan untuk perawatan gigi

Ada beberapa alasan yang bisa mendorong Anda untuk menggunakan produk perawatan ini. 

1. Produk Ini Bisa Dilepas Pasang

Tidak seperti kawat gigi yang senantiasa menempel di gigi Anda, kawat gigi Invisalign pada gigi bisa Anda lepas pasang kapan pun Anda inginkan. Anda bisa melepas alat ini ketika makan, berkumur, ataupun sedang menggosok gigi. Tidak perlu lagi takut ada sisa-sisa makanan yang terselip di behel dengan produk ini.

2. Dapat Dibersihkan dengan Mudah

Selain dapat dilepas pasang, produk ini juga bisa dibersihkan dengan mudah. Anda cukup menyikatnya dengan menggunakan sikat berbulu halus, sabun antibakteri, dan air mengalir setelah menggunakannya selama waktu tertentu.

3. Tidak Mengganggu Penampilan

Kawat gigi mengganggu penampilan Anda? Dengan aligner transparan ini, Anda tidak perlu lagi khawatir. Pasalnya, alat ini menggunakan bahan berupa plastik transparan elastis yang sudah disesuaikan dengan bentuk gigi Anda. Maka dari itu, produk ini disebut sebagai alternatif dari pemasangan kawat gigi yang tidak begitu mencolok.

4. Tidak Menyebabkan Luka

Salah satu efek samping dari penggunaan kawat gigi adalah luka yang ditimbulkan akibat gesekan dengan bagian dalam mulut. Nah, dengan produk ini, Anda tidak perlu cemas akan luka di bagian dalam mulut lagi. Cukup dengan aligner transparan ini, Anda bisa merapikan gigi sama efektifnya dengan penggunaan kawat gigi.

Bagaimana Cara Perawatan Kawat Gigi Invisalign?

Karena terkenal efektif, mungkin Anda jadi penasaran tentang bagaimana cara kerja produk ini dalam merapikan susunan gigi Anda.

Sebenarnya, cara kerja dari alat ini sama saja dengan penggunaan kawat gigi. Jika kawat gigi menarik gigi Anda ke posisi yang benar dengan bantuan kawat, aligner memberikan tekanan dari arah depan dan belakang gigi. 

Hal ini berbeda jika dibandingkan dengan penggunaan kawat gigi yang hanya memberikan tekanan ke arah dalam saja—tanpa ada mekanisme yang membantu untuk mendorong gigi ke arah luar.

Tekanan ke arah luar dan dalam dinilai lebih efektif membantu Anda untuk mengembalikan posisi gigi Anda ke posisi ratanya. Dengan demikian, tampilan gigi Anda jadi makin baik setelah menggunakan produk ini. 

Perbedaan Invisalign Dibandingkan Kawat Gigi

Ilustrasi gambar seorang pria sedang memegang invisalign. Sebuah produk yang biasanya digunakan untuk perawatan gigi

Ditinjau dari manfaatnya, aligner ini dapat memberikan solusi untuk merapikan gigi tanpa perlu ada alat yang terlihat di gigi Anda. Selain itu, Anda bisa dengan mudah melepas pasang alat ini tanpa perlu pergi ke klinik dokter untuk melakukannya. 

Tak hanya itu, selama penggunaannya, alat ini tidak memberikan risiko luka seperti pada penggunaan kawat gigi. Produk ini juga tidak terlihat mencolok ketika digunakan karena bahan dan warnanya yang transparan.

Selain perbedaan yang telah disebutkan, Anda juga bisa menjumpai perbedaan-perbedaan berikut ketika membandingkan Invisalign dengan kawat gigi.

1. Cara Memasang

Pemasangan produk pelurus gigi transparan ini tidak membutuhkan bantuan dari dokter gigi. Namun, pada awalnya, Anda perlu pergi ke klinik ortodonti untuk membuat tray dengan bentuk yang menyerupai susunan gigi Anda. Tray inilah yang nantinya bisa Anda lepas pasang tanpa perlu ada bantuan dari dokter gigi.

Berbeda dengan aligner ini, cara pasang kawat gigi bisa terbilang cukup rumit. Prosedurnya pun harus dilakukan oleh dokter spesialis ortodonti. 

Meski sama-sama memerlukan tindakan dokter ortodonti, penggunaan produk pelurus gigi transparan ini jauh lebih mudah. Pengguna pun bisa melepas pasang alat sesuai dengan kebutuhannya.

2. Cara Membersihkan

Baik Invisalign maupun kawat gigi, keduanya perlu dibersihkan secara rutin. Namun, pembersihan alat pelurus gigi transparan ini dinilai jauh lebih mudah dibandingkan dengan membersihkan kawat gigi.

Untuk membersihkan produk aligner gigi dari Amerika Serikat ini, Anda perlu melepas produk terlebih dahulu. Lalu, Anda bisa mencucinya dengan sabun antibakteri (bukan pasta gigi), sikat gigi bersih yang lembut, dan air mengalir. 

Di sisi lain, membersihkan kawat gigi tidak mengharuskan Anda untuk melepas alat tersebut dari gigi Anda. Maka dari itu, proses pembersihan hanya dilakukan dengan menyikatnya dengan sikat gigi. Anda juga disarankan untuk melakukan flossing secara rutin.

3. Lama Pemakaian dan Kontrol Rutin

Meski disebut-sebut bisa dilepas pasang ‘sesuka hati’, aligner ini akan lebih efektif apabila digunakan secara rutin dengan durasi 20-22 jam per hari. Ini berarti Anda perlu menggunakan alat ini kapan pun, kecuali saat makan, minum minuman bergula/panas, dan membersihkan gigi. 

Selain itu, Anda perlu melakukan kontrol di ortodontis yang menyediakan layanan Invisalign secara rutin. Kontrol rutin ini perlu dilakukan untuk memeriksa bentuk tray (aligner gigi) karena bentuknya yang berubah sesuai perbaikan posisi gigi. Dengan demikian, apabila bentuk gigi berubah, tray juga akan disesuaikan dengan bentuk baru gigi Anda.

Kontrol rutin ini juga perlu Anda lakukan jika Anda menggunakan kawat gigi. Hanya saja, kawat gigi tidak membutuhkan penggantian alat sesering penggantian aligner ini.

Lama pemakaian dari awal hingga akhir tindakan perawatan pun juga menjadi perbedaan antara aligner dan kawat gigi. Pemakaian aligner ini biasanya akan memakan waktu 6-18 bulan—tergantung dari kedisiplinan pengguna dalam memasang aligner. Di sisi lain, pemakaian kawat gigi cenderung lebih lama, yaitu sekitar 1-3 tahun tergantung dari kondisi gigi yang dirawat.

Berapa Harga Perawatan Kawat Gigi Invisalign?

Tertarik untuk menggunakan aligner jenis ini? Anda bisa mengunjungi dokter gigi spesialis ortodonti yang sudah memiliki sertifikasi pemasangan aligner ini. Perlu diperhatikan juga bahwa perlu beberapa tahapan konsultasi sebelum Anda dinyatakan cocok untuk menggunakan alat ini.

Pada tahapan awal, biasanya ortodontis akan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi gigi dan gusi Anda secara menyeluruh. Pengkajian terhadap riwayat kesehatan dan kebiasaan merawat gigi juga akan dilakukan pada tahap awal konsultasi ini.

Setelah itu, rontgen gigi mungkin juga akan dilakukan untuk mengetahui gambaran kondisi rongga mulut dan tulang rahang Anda secara mendetail. Jika setelah asesmen tersebut ortodontis menilai bahwa Anda cocok menggunakan alat ini, barulah ortodontis akan membuat rencana perawatan gigi Anda menggunakan Invisalign pada gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Axel Dental adalah klinik gigi keluarga terpercaya Indonesia dengan desain modern & nyaman dan harga terjangkau. Bersama klinik kami, anda akan ditangani oleh dokter-dokter gigi terbaik dari lulusan universitas terkemuka di Jakarta.