fbpx
Article

Biar Gigi Tetap Bersinar, Patuhi Pantangan Setelah Bleaching Gigi!

  • Home
  • -
  • Tips Gigi
  • -
  • Biar Gigi Tetap Bersinar, Patuhi Pantangan Setelah Bleaching Gigi!
Biar Gigi Tetap Bersinar, Patuhi Pantangan Setelah Bleaching Gigi!

Bleaching gigi merupakan proses untuk memutihkan gigi. Prosedur ini sebenarnya terbilang aman bagi kebanyakan orang. Meskipun demikian, ada beberapa efek samping yang tidak bisa dihindari, misalnya gigi menjadi sensitif, iritasi pada gusi, reaksi alergi, dan lain-lain.  

Oleh karena itu, agar hasilnya bisa terlihat sempurna dan tahan lama, Anda bisa menghindari beberapa pantangan setelah bleaching gigi berikut ini.

Langsung Makan Setelah Bleaching Gigi

Agar bleaching gigi memberikan hasil yang maksimal, maka dokter gigi akan menganjurkan Anda untuk tidak makan maupun minum apapun selama 30 menit setelah prosedur. Hindari juga makanan yang berwarna atau yang dikenal bisa meninggalkan noda pada gigi seperti kopi.

Setelah melewati 30 menit, Anda bisa mulai mengonsumsi makanan lagi. Agar tidak meninggalkan noda pada gigi, pastikan untuk mengonsumsi minuman atau makanan yang baik untuk menjaga gigi tetap putih seperti makanan yang berwarna terang atau pucat. Anda bisa mengonsumsi makanan ini setidaknya selama beberapa hari setelah prosedur bleaching. Tujuannya adalah hasil gigi putih bisa lebih tahan lama.

Minum-minuman Penyebab Gigi Menguning

Setelah melakukan prosedur bleaching, Anda harus menghindari minuman penyebab gigi menguning seperti kopi, teh, alkohol, dan soda Ada baiknya jika menghindari minuman ini setidaknya selama 24 jam setelah proses memutihkan gigi.

Kopi dan teh mengandung tanin, yaitu bahan organik yang bisa meninggalkan noda pada gigi dan membuatnya terlihat berwarna kuning. Ingatlah bahwa tidak ada alternatif pengganti kopi maupun teh, termasuk white coffee. Jadi pastikan untuk puasa mengonsumsi minuman ini saat baru melakukan bleaching gigi. Akan lebih baik jika Anda minum minuman netral untuk sementara waktu seperti air putih.

Merokok

Kebiasaan merokok pada umumnya memang membahayakan kesehatan rongga mulut. Tidak hanya itu saja, kebiasaan ini juga bisa merusak hasil perawatan memutihkan gigi yang baru saja Anda lakukan. Anda tentu tidak ingin usaha memutihkan gigi menjadi sia-sia karena tidak bisa menahan diri untuk tidak merokok, bukan?

Nikotin dan tar yang terkandung di dalam rokok bisa dengan mudah bercampur dengan air liur. Hal ini bisa membuat tar melekat pada gigi sehingga membuatnya tampak menguning, kusam, hingga menghitam.

Jika Anda masih tidak bisa lepas dari kebiasaan merokok. Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah vaping atau menggunakan e-cigarette. Kedua jenis rokok ini tidak akan terlalu meninggalkan noda pada gigi. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa keduanya juga masih berpotensi buruk bagi kesehatan Anda. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda memanfaatkan hal ini sebagai momen untuk mulai berhenti merokok.

Menggosok Gigi Terlalu Keras 

Pantangan setelah bleaching gigi selanjutnya berkaitan dengan tata cara sikat gigi. Setelah prosedur dilakukan, Anda masih harus rutin menjaga kesehatan gigi dengan rajin menggosok gigi minimal 2 kali sehari. Jika hal ini dilakukan dengan benar, maka gigi putih Anda akan tahan lebih lama.

Meskipun demikian, Anda tidak dianjurkan menggosok gigi dengan keras-keras. Menyikat gigi dengan cara ini justru bisa merusak lapisan enamel gigi. Akibatnya, gigi Anda akan lebih mudah rusak dan kembali menguning.

Cuci Mulut dengan Obat Kumur 

Banyak orang yang suka membersihkan rongga mulut menggunakan obat kumur. Pasalnya, langkah ini bisa dilakukan untuk membersihkan sisa makanan dari gigi yang tidak bisa hilang begitu saja menggunakan sikat gigi. 

Beberapa jenis obat kumur seperti listerin diklaim memiliki manfaat mampu membersihkan gigi dan menyegarkan mulut. Tapi ingat, tidak semua obat kumur seperti itu, beberapa kandungan obat kumur sebenarnya malah mengandung asam klorida. Zat ini berkontribusi terhadap gigi yang berubah warna menjadi kusam dan menguning. Jadi, Ada baiknya untuk tidak berkumur dengan obat kumur terlebih dahulu setelah melakukan bleaching gigi.

Jika Anda baru saja menjalani prosedur bleaching gigi, maka pastikan untuk mematuhi pantangan setelah bleaching gigi dan risiko yang mungkin terjadi. Anda tentu tidak ingin gigi kembali kusam hanya karena salah memesan, bukan?

Jika Anda sudah mantap ingin melakukan perawatan untuk memutihkan gigi, maka segeralah berkunjung ke klinik dokter gigi axeldental.id. Klinik ini menyediakan beragam perawatan seperti perawatan veneer, scaling, tambal gigi berlubang, dan lain-lain. Jadi, Anda tidak perlu lagi mencari-cari dokter gigi mana yang menyediakan layanan tersebut. 

Jadi, apakah Anda sudah siap mencoba bleaching gigi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *