fbpx
Article

Gak Perlu Mahal, 6 Bahan Alami Ini Bisa Putihkan Gigi, Lho!

  • Home
  • -
  • Lainnya
  • -
  • Gak Perlu Mahal, 6 Bahan Alami Ini Bisa Putihkan Gigi, Lho!
Gak Perlu Mahal, 6 Bahan Alami Ini Bisa Putihkan Gigi, Lho!

Setiap orang mendambakan gigi yang putih dan bersih. Pasalnya, gigi bersih menunjukkan gigi yang sehat dan Anda akan menjadi lebih percaya diri. Meskipun demikian, seiring dengan berjalannya waktu, apa yang Anda makan memengaruhi kondisi gigi. 

Bahkan beberapa jenis makanan tertentu juga bisa membuat gigi tampak kusam atau berwarna kekuningan. Tapi jangan khawatir, karena ada beberapa bahan alami untuk memutihkan gigi yang bisa Anda gunakan.

Bisakah gigi yang kuning putih kembali?

Gigi yang kusam dan berwarna kuning dapat menjadi putih kembali dengan melakukan perawatan. Anda bisa mencoba beberapa perawatan tertentu seperti scaling, veneer, dan bleaching gigi

Meskipun memakan waktu lebih lama, Anda juga bisa memutihkan gigi dengan menggunakan bahan-bahan alami.

6 Bahan Alami yang Ampuh Memutihkan Gigi

Ada banyak bahan di alam yang memiliki zat atau kandungan bermanfaat untuk masalah kesehatan gigi. Bahkan, beberapa diantaranya juga digunakan oleh produsen pasta gigi untuk memberikan manfaat memutihkan gigi. Berikut ini beberapa diantaranya:

Baking soda

Jika Anda suka melihat tutorial atau berbagai tips rumah tangga, tentu Anda sudah tahu bahwa baking soda sering digunakan sebagai bahan pembersih di rumah. Ternyata, bahan ini juga ampuh memutihkan gigi secara alami dan mencegah pertumbuhan bakteri pada gigi. Bahkan, penelitian yang dipublikasikan di The Journal of Clinical Dentistry menyebutkan bahwa pasta gigi yang mengandung baking ternyata soda bisa menghilangkan noda kuning pada gigi.

Jika Anda ingin memutihkan gigi dengan baking soda, coba campurkan 1 sendok teh baking soda dengan 2 sendok teh air. Kemudian, letakkan campuran tersebut pada sikat gigi dan gunakan untuk menggosok gigi beberapa kali seminggu. Meskipun demikian, ingatlah bahwa memutihkan gigi dengan cara ini tidak akan memberikan hasil instan. Hasilnya baru akan terlihat setelah dilakukan secara rutin.

Arang Aktif

Di dalam dunia produk perawatan tubuh, arang aktif lebih sering dikenal dengan nama activated charcoal. Bahan ini memiliki daya serap yang tinggi dan diketahui mampu mengikat zat yang meninggalkan noda pada gigi seperti tanin. Tanin bisa membuat gigi menjadi berwarna kuning atau kecoklatan hingga kehitaman.

Tidak hanya itu saja, arang aktif juga bisa menjaga agar kadar asam mulut tetap seimbang serta mencegah karang gigi. Selain itu, penelitian tahun 2019 yang dipublikasikan di Journal Applied Oral Science juga membuktikan keampuhan arang aktif sebagai pemutih gigi

Itulah mengapa kini juga ada banyak produk pasta gigi dan obat kumur yang kandungannya mengandung activated charcoal. Jika ingin memanfaatkan bahan ini, kamu bisa menggunakannya untuk menggosok gigi atau berkumur.

Siwak

Bahan alami untuk memutihkan gigi selanjutnya adalah siwak yang sudah terbukti melalui penelitian bisa membantu memutihkan gigi. Hal ini karena kayu ini mengandung berbagai bahan yang baik untuk kesehatan gigi dan gusi. 

Beberapa bahan yang ada dalam siwak baik untuk kesehatan gigi antara lain adalah alkaloid, silica, sodium bikarbonat, chloride, dan fluoride yang berguna untuk memutihkan dan memperkuat gigi secara alami.

Kunyit

satu mangkok kunyit

Anda tentu sudah tahu bahwa kunyit sering kali meninggalkan noda pada pakaian maupun tangan. Tapi, jika Anda mengoleskannya pada gigi, kunyit justru bisa membuatnya tampak lebih cerah dan menghilangkan noda. Untuk mendapatkan manfaat kunyit pada gigi, Anda bisa membasahi sikat gigi dan menaburkan bubuk kunyit pada sikat gigi. Kemudian, sikat gigi Anda dengan benar seperti biasa.

Setelah selesai menggosok gigi, diamkan selama lima menit sebelum berkumur untuk membersihkan sisa kunyit. Selanjutnya, Anda bisa menggosok gigi lagi dengan pasta gigi yang baik untuk gigi seperti biasa. Agar hasilnya maksimal dan segera terlihat, pastikan Anda menggosok gigi menggunakan kunyit secara rutin. 

Kulit pisang

Kalau Anda suka mengonsumsi buah pisang, jangan buang kulitnya begitu saja. Pasalnya, kulit buah ini ternyata bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Hal ini sudah didukung oleh riset yang dipublikasikan di IOSR Journal of Dental and Medical Science yang menyatakan bahwa kulit pisang bisa untuk memutihkan gigi.

Manfaat ini bisa Anda dapatkan berkat kandungan saponin pada kulit pisang. Senyawa bioaktif ini mampu membantu membuat gigi menjadi lebih cerah.

Stroberi

Buah stroberi tidak hanya lezat, tapi ternyata juga bisa membantu memutihkan gigi berkat kandungan asam malat, vitamin C, dan astringent yang ada di dalamnya. Penelitian yang diterbitkan di jurnal Operative Dentistry menyebutkan bahwa buah ini tidak hanya membuat gigi putih, tapi juga membersihkan plak yang bisa merusak gigi.

Untuk memutihkan gigi menggunakan stroberi, lumatkan beberapa buah ini dan gosok gigi Anda menggunakan stroberi yang sudah dihancurkan. Lakukan secara rutin setidaknya dua kali seminggu.

Itulah tadi beberapa bahan alami untuk memutihkan gigi yang bisa Anda gunakan. Untuk memutihkan gigi, pastikan rutin menggunakan bahan ini untuk menggosok gigi. Jika ingin gigi menjadi lebih putih dengan cepat, Anda bisa melakukan perawatan khusus di klinik gigi terbaik seperti axeldental,id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *