fbpx
Article

Bukan Karena Mistis, Ini Loh Penyebab Gigimu Bergeser Sendiri!

  • Home
  • -
  • Keluhan Gigi
  • -
  • Bukan Karena Mistis, Ini Loh Penyebab Gigimu Bergeser Sendiri!
Bukan Karena Mistis, Ini Loh Penyebab Gigimu Bergeser Sendiri!

Mulut, sama seperti bagian tubuh yang lain, akan terus berubah dan salah satu perubahan tersebut melibatkan gigi Anda. Mungkin ini terlihat mengejutkan, apalagi jika baru pertama kalinya Anda kehilangan satu gigi. Tapi, tahukah Anda bahwa hilangnya gigi tersebut ternyata bisa membuat gigi bergeser? Selain gigi yang lepas, ada banyak hal lain yang bisa menjadi penyebab gigi bergeser. 

Beberapa hal bisa menyebabkan gigi menjadi bergeser. Bukan hal mistis, posisi gigi yang bergeser sebenarnya bisa dijelaskan dengan baik dan berkaitan dengan masalah kesehatan gigi. Agar Anda bisa lebih waspada, berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan gigi bergeser. 

Kebiasaan Buruk yang Merusak Gigi

Beberapa kebiasaan buruk pada gigi bisa mendorong terjadinya kerusakan gigi. Misalnya menggeretakkan gigi, mengisap jempol, mengigit kuku jari, atau menggigit pulpen. Kebiasaan ini menyebabkan gigi saling bergesekkan sehingga merusaknya. Akibatnya, gigi akan menjadi lebih pendek, dan gigitan berubah.

Tidak hanya itu saja, kebiasaan ini juga sering menyebabkan masalah sakit gigi hingga sakit kepala, hingga bunyi bergemeretak pada rahang. Pada kasus yang lebih parah, kebiasaan ini bisa membuat gigi bergeser. Akibatnya, bentuk wajah juga ikut berubah. Agar hal ini tidak terjadi, usahakan untuk menghentikan kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi.

Usia yang Semakin Tua

American Dental Clinic menyebutkan bahwa seiring bertambahnya usia, lapisan terluar gigi yang disebut email gigi akan terkikis dan rentan rusak. Gigi bagian bawah cenderung memiliki email yang lebih tipis, sehingga memang cenderung lebih cepat rusak jika dibandingkan dengan gigi atas.

Proses maupun kegiatan alami setiap hari memberikan tekanan pada gigi bawah. Tekanan secara terus menerus dari gigi atas ini membuat lapisan ini lebih cepat aus. Akibatnya, kekuatan gigi menjadi berkurang dan lama kelamaan gigi akan bergeser.

Tidak hanya itu saja, tekanan juga didapatkan dari bibir dan pipi yang secara alami akan semakin kencang saat bertambahnya usia. Tekanan ini membuat gigi menjadi sesak dan akhirnya berkontribusi pada pergeseran gigi. 

Gigi yang Membusuk

Penyakit seperti gigi berlubang tidak hanya akan menimbulkan kerusakan pada gigi itu sendiri. Pembusukan bisa menyebar ke gigi lain bahkan hingga ke tulang yang berfungsi penting menjaga posisi gigi. 

Ketika tulang tersebut mengalami kerusakan, maka kekuatan gigi juga ikut berkurang. Akibatnya, gigi menjadi longgar dan rentan bergeser. Karena itulah, sangat penting untuk untuk menjaga kesehatan gigi agar tidak sampai terserang bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Jika gigi Anda terlanjur berlubang, maka segeralah periksakan ke dokter secara rutin untuk mendapatkan perawatan.

Gigi Tanggal atau Dicabut

Gigi terus tumbuh selama manusia hidup. Jadi, ketika salah satu gigi tanggal atau dilepas, maka gigi yang berada di samping atau yang berlawanan dengan gigi tersebut akan bergerak mengisi ruang kosong tersebut. 

Misalnya, jika gigi geraham bawah pertamamu dicabut, maka gigi geraham atas pertama kamu bisa jadi akan bergerak turun ke ruang kosong di bawahnya. Selain itu, geraham bawah kedua akan bergerak maju mengisi ruang kosong tersebut.

Untuk mencegah pergeseran ini, Anda bisa memasang implan gigi atau bridge di ruang kosong gigi yang dicabut. 

Proses Pertumbuhan Rahang

Tahukah Anda bahwa rahang sebenarnya tidak berhenti tumbuh? Sejak bayi hingga berusia dewasa muda, tulang rahang atas maupun bawah akan terus tumbuh dan bentuknya juga terus berubah. Pada saat remaja, rahang bawah tumbuh lebih banyak dari rahang atas sehingga gigi bagian bawah kadang akan terlihat berjejalan. Hal inilah yang membuat gigi juga bergeser.

Peradangan pada Gusi 

Penyebab gigi bergeser selanjutnya adalah peradangan gusi atau gingivitis dan infeksi gusi atau periodontitis. Dua masalah pada gusi ini bisa menimbulkan gangguan pada tulang, yaitu pengeroposan tulang sekunder. Tulang yang keropos ini bisa membuat gigi menjadi longgar sehingga bergeser atau bahkan tanggal.

Itulah tadi beberapa penyebab gigi bergeser. Meskipun terdengar biasa saja, tapi jangan menyepelekan masalah ini. Pasalnya gigi bergeser bisa membuat tampilan gigi Anda menjadi tidak rata, bertumpuk, dan lain-lain. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk mencegah gigi berlubang. Pencegahan yang bisa dilakukan termasuk mencabut atau menambal gigi yang berlubang, memasang gigi palsu, menjaga kebersihan gigi, dan menghentikan kebiasaan buruk yang merusak gigi. Perawatan mencabut gigi berlubang dan memasang gigi palsu bisa Anda lakukan di klinik gigi yang terpercaya seperti klinik Axel Dental. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi laman situs klinik ini di axeldental.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *