Article

Sakit Gigi Kumat di Malam Hari? Ini Dia Penyebab dan Solusinya

  • Home
  • -
  • Keluhan Gigi
  • -
  • Sakit Gigi Kumat di Malam Hari? Ini Dia Penyebab dan Solusinya
Sakit Gigi Kumat di Malam Hari? Ini Dia Penyebab dan Solusinya

Sakit gigi bisa terjadi pada siapa saja dan tentunya bisa mengganggu aktivitas. Dalam kasus tertentu, sakit gigi semakin terasa nyut-nyutan pada malam hari. Akibatnya, tidur pun menjadi tidak nyenyak. Lantas, apa penyebabnya? Simak terus ulasan berikut untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi sakit gigi di malam hari.

Kenapa Saat Malam Hari Sakit Gigi Bisa Kambuh?

Sakit Demam

Sebenarnya, sakit gigi tak mengenal waktu. Mau pagi, siang, atau malam, rasa nyeri tetap akan terasa. Hanya saja, tingkat keparahannya terasa seolah-olah berbeda, apalagi saat malam hari. Melansir Medical News Today, alasan mengapa gigi semakin nyeri pada malam hari adalah karena saat berbaring, darah akan mengalir ke kepala.

Adanya penambahan darah di area kepala akan membuat rasa nyeri akibat sakit gigi semakin meningkat. Alasan lainnya karena minimnya gangguan yang sebenarnya bisa mengalihkan pikiran penderita dari rasa linu yang dirasakan. 

Penyebab Sakit Gigi di Malam Hari

orang sakit gigi sampai ke kepala

Sakit gigi yang semakin menjadi-jadi bisa menjadi pertanda bahwa ada gangguan kesehatan pada gigi atau gusi. Selain itu juga bisa disebabkan oleh kondisi di bagian tubuh lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa kondisi yang bisa menyebabkan sakit gigi semakin parah di malam hari.

  • Kerusakan gigi: Merupakan penyebab paling umum terjadinya sakit gigi. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat menimbulkan lubang pada gigi.
  • Gigi berlubang: Kondisi ini terjadi ketika saraf pada gigi terekspos akibat asam dan bakteri yang merusak enamel gigi sehingga timbul rasa nyeri. 
  • Abses gigi: Kondisi ini ditandai dengan terbentuknya benjolan di area gigi dan umumnya berisi nanah.
  • Penyakit gusi: Masalah gusi seperti periodontitis dan gingivitis juga bisa menimbulkan nyeri gigi.
  • Tumbuhnya gigi bungsu: Gigi geraham bungsu yang tumbuh juga dapat menyebabkan rasa nyeri pada gigi. Terlebih jika gigi bungsu tidak mendapat cukup ruang untuk tumbuh.

Sakit gigi juga dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan yang terjadi pada anggota tubuh lainnya. Di antaranya seperti infeksi sinus yang tak segera ditangani, cedera pada mulut atau rahang, dan gangguan sendi rahang.

Cara Mengatasi Sakit Gigi di Malam Hari

Gambar seorang pria dengan kondisi sakit di bagian giginya

Langsung periksa ke dokter untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi sakit gigi di malam hari adalah pilihan yang tepat. Namun nyeri gigi yang kumat secara tiba-tiba, khususnya di malam hari, mengharuskan penderitanya untuk segera melakukan pertolongan pertama. Jika tidak, tidur pun pasti tidak akan nyenyak.

Berikut beberapa pertolongan pertama yang bisa digunakan untuk mengurangi nyeri gigi di malam hari.

Gunakan obat pereda nyeri

Ada banyak obat pereda nyeri sakit gigi yang bisa kamu dapatkan di apotek, seperti aspirin, ibuprofen, dan acetaminophen. Bila tidak bisa mengonsumsi obat, gunakan gel mati rasa berbahan dasar benzokain. Saat mengoleskannya, gunakan pijatan untuk sakit gigi pada area gigi wajah yang sakit. 

Kompres dengan es

Bila sakit gigi kumat di malam hari, gunakan kompres es setiap sebelum tidur. Jangan langsung menempelkan es tapi bungkus dulu dengan kain sebelum ditempelkan ke sisi wajah yang sakit. Cara ini dapat meredakan nyeri dan mengurangi bengkak akibat sakit gigi.

Berbaring dalam posisi tinggi

Saat akan tidur, tumpuk beberapa bantal agar posisi kepala sedikit lebih tinggi dari tubuh. Dengan begitu, darah tidak akan mengalir ke kepala. Sebab, darah yang mengalir ke kepala akan membuat sakit gigi semakin tak tertahankan.

Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan larutan air garam bisa membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada lubang atau sela-sela gigi. Cara tradisional ini juga diyakini ampuh untuk mengurangi nyeri dan bengkak akibat sakit gigi. Untuk membuat larutan ini, pastikan kamu menggunakan air hangat, ya. 

Hindari makanan asam, keras, dan dingin

Sebelum tidur, pastikan kamu tidak mengonsumsi makanan yang dingin, keras, dan asam. Sebab-jenis makanan tersebut dapat memperburuk kondisi gigi kamu yang mengalami kerusakan. Alhasil, rasa sakit pun akan semakin menjadi-jadi. 

Selain cara di atas, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk meredakan sakit gigi di malam hari. Melansir Healthline dan Medical News Today, beberapa bahan alami yang dapat digunakan antara lain adalah:

  • Cengkih
  • Daun jambu biji
  • Bawang putih
  • Daun ketela manis
  • Tembakau
  • Kulit kayu mangga
  • Lidah buaya
  • Thyme
  • Teh peppermint

Sebagai catatan, pastikan kamu sudah berkonsultasi dengan dokter gigi sebelum menggunakan bahan-bahan alami tersebut untuk mengatasi sakit gigi. Perlu diingat pula bahwa efektivitas cara-cara di atas hanya bersifat sementara. Jadi, segera periksa ke dokter bila sakit gigi belum membaik setelah lebih dari dua hari.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi sakit gigi di malam hari. Agar kondisi ini tidak kambuh, jaga terus kesehatan rongga mulutmu. Tak hanya dengan menggosok gigi, melakukan flossing, dan berkumur, tapi juga dengan membatasi konsumsi makanan dan minuman tinggi gula. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *