fbpx
Article

Benarkah Minum Air Putih Bagus untuk Gigi? Cek Faktanya di Sini!

  • Home
  • -
  • Seputar Gigi
  • -
  • Benarkah Minum Air Putih Bagus untuk Gigi? Cek Faktanya di Sini!
Benarkah Minum Air Putih Bagus untuk Gigi? Cek Faktanya di Sini!

Secara umum, air putih bagus untuk kesehatan tubuh. Tapi tahukah kamu bahwa air putih juga penting untuk kesehatan gigi? Ya, faktanya, mengonsumsi air putih bisa menjaga warna putih gigi. Bukan hanya itu saja manfaat minum air putih untuk gigi. Masih banyak manfaat lainnya yang akan dibahas dalam ulasan berikut.

Apakah Rutin Minum Air Putih Bisa Bikin Gigi Sehat?

Siapa sih yang tidak suka makanan dan minuman manis? Hanya saja, kandungan gula di dalam makanan dan minuman bersifat kariogenik tersebut merupakan penyebab utama masalah kesehatan gigi dan mulut. Gula dari sisa-sisa makanan akan diubah oleh bakteri dalam mulut menjadi asam.

Seiring waktu, asam akan menumpuk dan mengeras menjadi plak. Kemunculan plak inilah yang memicu berbagai masalah gigi. Di antaranya seperti gigi berlubang, karies, bau mulut, dan lain sebagainya. Nah, di sinilah air putih menunjukkan peran pentingnya.

Menurut banyak penelitian, air putih dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang melekat pada permukaan dan sela-sela gigi. Lebih lanjut, air putih berperan dalam melarutkan asam yang diproduksi oleh bakteri dalam mulut. Dengan begitu, berbagai risiko kesehatan gigi pun dapat diminimalkan.

Manfaat Minum Air Putih untuk Gigi

Meningkatkan kesehatan gigi dengan membiasakan diri minum air putih sudah semestinya dilakukan oleh semua orang. Sebab, air putih memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan gigi. Apa saja manfaat tersebut? Berikut di antaranya.

Dapat Memutihkan Gigi

Memiliki gigi kusam dan kuning jelas bisa mengganggu penampilan dan bahkan mengurangi kepercayaan diri. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh makanan dan minuman dengan kandungan asam tinggi dan pigmen gelap. Keduanya akan masuk ke dalam lapisan paling luar gigi (email) dan akan mengubah warna pada gigi bila tidak dibersihkan.

Jenis makanan dan minuman yang bisa meninggalkan noda antara lain adalah teh, kopi, soda, anggur merah, dan buah beri berpigmentasi gelap. Untungnya, noda dari makanan tersebut bisa kamu bersihkan dengan mudah. 

Caranya cukup dengan berkumur atau minum air putih setiap setelah selesai mengonsumsi apa pun selain air putih. Air akan membilas sisa-sisa makanan yang berpotensi meninggalkan noda kuning pada gigi. Dengan begitu, warna putih gigi pun akan tetap terjaga.

Mencegah Kerusakan Pada Gigi

Manfaat minum air putih untuk gigi selanjutnya adalah mencegah kerusakan. Sebab, hampir sebagian besar masalah gigi disebabkan oleh menurunnya produksi air liur dalam mulut. Air liur sendiri mengandung phosphate ion, fluoride, dan kalsium. Ketiga mineral tersebut penting untuk melindungi gigi dari bakteri penyebab kerusakan pada gigi.

Kalau kamu kekurangan cairan, otomatis produksi air liur akan menurun. Dengan kata lain, gigi akan lebih rentan terhadap berbagai kondisi. Nah, di sinilah pentingnya minum air putih, yakni menjaga produksi air liur agar gigi terhindar dari kerusakan. Terlebih lagi kalau kamu minum air dengan kandungan fluoride, tentu produksi air liur pun akan semakin meningkat.

Mencegah Radang Gusi

Radang gusi (gingivitis) merupakan kondisi kesehatan gusi yang paling umum terjadi. Meski bersifat ringan, penyakit ini bisa menyebabkan masalah yang lebih serius, seperti periodontitis. Mulut kering akibat menurunnya kadar air liur atau saliva dalam mulut adalah salah satu faktor yang meningkatkan risiko radang gusi.

Seperti yang sudah dijelaskan, saliva memiliki kontribusi besar dalam menjaga kesehatan rongga mulut, seperti gusi. Jika gusi tidak terhidrasi, gusi akan membengkak hingga menjadi rentan terhadap bakteri penyebab gingivitis. Maka dari itu, selalu cukupi asupan air putih setiap hari agar gusi tetap terhidrasi dan risiko radang gusi pun dapat diminimalkan.

Memperkuat Enamel Gigi

Air putih juga dapat membantu memperkuat lapisan enamel pada gigi. Sekali lagi, hal ini ada kaitannya dengan masalah kekurangan cairan yang bisa menghambat produksi air liur. Kondisi tersebut membuat rongga mulut menjadi kering. Jika terus dibiarkan, maka kekuatan lapisan enamel gigi akan menurun.

Enamel sendiri merupakan lapisan paling luar gigi yang juga menjadi lapisan terkuat dalam tubuh manusia. Tugas utamanya adalah melindungi gigi dari berbagai kerusakan. Jika rusak, otomatis akan langsung berdampak pada kondisi gigi. Cara termudah untuk menjaga kekuatan lapisan tersebut adalah dengan rajin mengonsumsi air putih.

Lantas, berapa banyak air putih yang harus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gigi? Banyak orang yang kerap menganjurkan untuk minum air setidaknya 8 gelas atau 2 liter per hari. Padahal, tak harus 2 liter, kamu boleh minum lebih atau kurang dari itu. Ini lantaran kebutuhan cairan tubuh setiap orang berbeda-beda, tergantung jenis kelamin, usia, dan kegiatan sehari-hari.

Agar kamu bisa mendapatkan banyak kebaikan minum air putih untuk gigi, kamu bisa meminumnya setiap setelah mengonsumsi apa pun selain air putih. Jangan lupa juga untuk segera minum air putih begitu mulut terasa kering. Pastikan pula untuk tetap rajin menyikat gigi dua kali sehari disertai dengan flossing dan berkumur menggunakan obat kumur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *