Article

Nggak Bikin Nyeri Gigi, Ini Pilihan Makanan untuk Pengguna Behel!

  • Home
  • -
  • Lainnya
  • -
  • Nggak Bikin Nyeri Gigi, Ini Pilihan Makanan untuk Pengguna Behel!
Nggak Bikin Nyeri Gigi, Ini Pilihan Makanan untuk Pengguna Behel!

Behel atau kawat gigi bisa membantu merapikan gigi yang tidak rata dan memperbaiki posisi rahang yang tidak pas. Namun, efek pertama kali setelah pasang behel adalah Anda akan susah makan saat baru memasang behel karena mulut akan sulit membuka. Meskipun demikian, tidak perlu khawatir karena ada banyak pilihan makanan untuk pengguna behel.

Bubur 

Mulut akan sulit dibuka saat behel gigi baru dipasang. Jadi Anda harus menyesuaikan diri dulu termasuk saat makan. Untuk memudahkan makan, Anda bisa memiliki makanan bertekstur lunak seperti bubur. Jadi, Anda tidak akan perlu terlalu membuka mulut untuk bisa makan dan mengunyah.

Jangan khawatir Anda akan merasa bosan dengan makan bubur terus menerus. Pasalnya, ada banyak jenis bubur yang bisa dicoba. Seperti bubur ayam, bubur kacang hijau, bubur sumsum, bubur manado, dan lain-lain. Agar tidak bosan, cobalah berganti-ganti jenis bubur setiap hari.

Agar-agar

Selain bubur, Anda juga bisa makan agar-agar sebagai camilan pendamping supaya tidak bosan. Rasanya yang manis bisa mengenyangkan dan memberikan energi tambahan untuk Anda agar tidak lemas. 

Selain itu, teksturnya yang lembut juga membuat makanan ini mudah dikunyah. Jadi, mulut tidak perlu mengunyah makanan ini terlalu keras untuk bisa menghancurkannya.

Yoghurt

Yoghurt juga bisa dijadikan alternatif untuk sarapan saat baru memasang behel. Meskipun tidak berbentuk lembek seperti bubur, yoghurt masih cukup mengenyangkan. Selain itu, minuman ini juga punya nutrisi yang baik untuk kesehatan gigi, sebab yogurt rendah lemak mengandung kalsium dan probiotik yang bisa membantu melindungi gigi dari kavitispembengkakan pada gusi serta napas berbau tak sedap. Jadi, minuman ini akan semakin cocok dikonsumsi saat Anda susah mengonsumsi makanan padat karena pemasangan behel.

Yoghurt cocok dikonsumsi saat sarapan karena bisa memberi Anda energi lebih. Selain itu, teksturnya yang kental dan lembut juga memudahkan minuman ini dikonsumsi karena Anda tidak perlu lagi mengunyahnya. Jadi, gusi dan gigi Anda tidak akan terasa sakit saat minum yoghurt. Apalagi sekarang minuman ini sudah hadir dengan berbagai macam rasa, jadi tidak akan sulit menemukan yoghurt dengan rasa yang paling kamu suka.

Makanan Rebusan

Makanan untuk pengguna behel selanjutnya adalah makanan rebusan. Kalau bubur dan agar-agar masih sulit membuat Anda merasa kenyang, maka alternative lainnya adalah makanan rebusan. Anda bisa mengonsumsi sayur-sayuran seperti kentang, ubi atau ketela yang direbus sebagai sumber karbohidrat yang mengenyangkan.

Karena teksturnya yang sangat empuk, umbi-umbian seperti ini bisa ditumbuk halus sebelum dimakan. Jadi Anda tidak perlu repot-repot menggigit dan mengunyahnya. Jika ingin mencoba olahan umbi yang istimewa, Anda juga bisa membuat mashed potato yang terbuat dari kentang tumbuk dicampur susu, keju, dan bumbu-bumbu.

Buah Pisang

Pisang merupakan buah sejuta manfaat, tidak hanya buahnya bahkan kulit pisang pun memiliki manfaat yang bagus untuk gigi. Jika Anda suka buah, Anda bisa mengonsumsi pisang selama mulut masih belum bisa leluasa terbuka setelah memasang behel. Teksturnya yang lembut dan empuk membuat buah ini mudah dikunyah dan tidak akan meninggalkan rasa ngilu di gusi maupun gigi. Selain itu, karena buah pisang punya banyak jenis, Anda bisa memilih mana saja yang menurut Anda enak dan mengenyangkan.

Selain manis dan enak, pisang juga kaya nutrisi dan bisa menyediakan banyak energi untuk tubuh. Tidak hanya itu saja, pisang juga meningkatkan kinerja otak dan membuat perut kenyang lebih lama. Jadi, Anda tidak perlu takut kelaparan selama gigi dan gusi masih sakit karena behel.

Oatmeal 

Oatmeal juga bisa menjadi alternatif makanan yang mengenyangkan. Anda juga bisa mencampurnya dengan susu dan pisang agar membuatnya lebih bernutrisi dan menyediakan banyak energi untuk tubuh. 

Oatmeal kaya akan antioksidan, vitamin, mineral dan nutrisi lainnya. Itulah mengapa makanan ini bisa menjaga agar kadar gula darah dalam tubuh tetap seimbang, menurunkan kadar kolesterol, serta meningkatkan kesehatan alat pencernaan. Anda juga tidak akan kesulitan mengunyahnya karena teksturnya yang lembut.

Cream Soup 

Cream soup memiliki tekstur yang lembut dan creamy sehingga mudah dicerna. Jadi, makanan ini cocok untuk pengguna behel karena tidak akan membuat gusi dan gigi terasa sakit. 

Selain itu, Anda bisa menambahkan berbagai macam isian yang membuat sup ini lebih menyehatkan. Anda juga bisa membuat berbagai macam variasi cream soup agar tidak bosan dengan rasa dan menu yang itu-itu saja.

Telur Orak-Arik (Scrambled Egg)

Terakhir adalah scramble egg atau telur orak-arik. Sama seperti makanan lain di dalam daftar ini, telur orak-arik bertekstur sangat lembut sehingga mudah dicerna. Selain itu, kandungan proteinnya yang tinggi bisa menjamin kebutuhan protein harian Anda tetap terpenuhi selama belum bisa membuka mulut sepenuhnya karena pemakaian behel.

Nah, itulah tadi beberapa makanan untuk pengguna behel yang mudah dikunyah dan ditelan. Jadi, Anda tidak perlu takut tidak bisa makan setelah pemasangan behel. Pasalnya, masih ada banyak jenis makanan yang bisa Anda konsumsi tanpa membuat gusi dan gigi terasa sakit.

Kalau sudah siap memasang behel, Anda bisa berkunjung ke klinik dokter gigi axeldental.id. Klinik ini menyediakan pelayanan pemasangan behel gigi untuk memperbaiki penampilan gigi yang tidak rata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *