Article

Dental Spa: Solusi untuk Gigi dan Gusi yang Sehat dan Bersih

  • Home
  • -
  • Perawatan Gigi
  • -
  • Dental Spa: Solusi untuk Gigi dan Gusi yang Sehat dan Bersih
Dental Spa: Solusi untuk Gigi dan Gusi yang Sehat dan Bersih

Bicara soal praktik dokter gigi dan perawatan gigi konvensional yang bersifat klinis, banyak orang yang sudah merasa takut duluan. Karena kesan ini, tidak sedikit orang yang memilih menghindari perawatan ke dokter gigi. Padahal, pemeriksaan gigi itu direkomendasikan untuk dilakukan setidaknya 6 bulan sekali. Untungnya, saat ini sudah ada inovasi baru dalam dunia kedokteran gigi yang disebut dengan spa gigi atau dental spa.

Apa sebenarnya spa gigi itu? Apakah sama dengan spa tubuh seperti yang kita kenal saat ini? Sebenarnya, apa tujuan spa gigi dan berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan untuk melakukannya? Mari kita bahas selengkapnya dalam artikel ini!

Apa itu Spa Gigi?

Sebenarnya, dental spa adalah istilah yang tidak ada dalam kedokteran gigi. Ini merupakan sebuah layanan yang dirancang oleh dokter atau klinik gigi untuk memberikan pengalaman perawatan kesehatan gigi dan mulut yang berbeda. Ini akan membuat pasien merasa lebih nyaman dan menghindari rasa takut serta cemas berlebih seperti yang dialami ketika melakukan perawatan klinis konvensional.

Seperti halnya perawatan gigi konvensional, spa gigi bertujuan untuk mencegah masalah gigi dan mulut, memelihara serta menjaga kesehatannya. Spa gigi sendiri bisa melibatkan sejumlah prosedur mulai dari membersihkan karang gigi atau scaling, menghilangkan noda di gigi, membuang biofilm, merestorasi hingga pemasangan implan gigi.

The American Dental Association (ADA) merekomendasikan praktik perawatan gigi yang mindfulness sehingga bisa mengurangi kecemasan pada pasien. Jadi bisa dibilang, spa gigi adalah pengalaman yang memadukan antara perawatan gigi klinis dengan suasana spa yang menenangkan.

Apa Saja Manfaat Spa Gigi

Manfaat dental spa untuk kesehatan gigi dan mulut

Manfaat spa gigi pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan perawatan gigi konvensional. Beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan spa gigi antara lain adalah:

  • Memberikan suasana perawatan gigi yang relaks. Bagi pasien yang memiliki masalah kecemasan atau penyakit jantung, spa gigi adalah opsi yang bagus untuk dicoba karena bisa memberikan perawatan yang lebih santai, meminimalisasi rasa stres dan cemas terkait perawatan gigi
  • Meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Selain suasana yang santai, spa gigi menawarkan beragam perawatan gigi konvensional yang akan meningkatkan kesehatan gigi dan mulutmu secara keseluruhan
  • Membantu pencegahan. Perawatan spa gigi yang dilakukan secara berkala memungkinkan dokter untuk mendeteksi sejak awal jika ada masalah pada gigimu. Misalnya saja ada gigi yang perlu ditambal atau ada infeksi yang muncul. Pencegahan seperti ini akan menurunkan risiko komplikasi dan perawatan yang lebih rumit di masa depan
  • Meningkatkan estetika. Bagi kamu yang ingin melakukan perawatan gigi untuk tujuan estetika, dokter bisa memberikan rekomendasi terbaik. Ini akan membantu meningkatkan rasa percaya diri
  • Edukasi terkait perawatan gigi yang baik dan benar. Spa gigi juga dilengkapi dengan edukasi tambahan mengenai cara perawatan gigi yang baik serta praktik kebersihan mulut.

Perlu dicatat bahwa manfaat di atas mungkin bervariasi, tergantung lokasi di mana kamu melakukan spa gigi. Kamu bisa menghubungi terlebih dahulu penyedia layanan mengenai servis apa saja yang disertakan dalam paket spa gigi mereka.

Bagaimana Prosedur Spa Gigi

Prosedur spa gigi sebenarnya berbeda-beda, tergantung pada layanan yang disediakan. Namun, secara umum spa gigi menawarkan:

  • Perawatan gigi secara umum
  • Relaksasi dan pijat dengan aromaterapi
  • Hiburan
  • Reflexology dan lain sebagainya.

Pertama kali tiba di tempat spa gigi, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara umum. Tujuannya untuk mengetahui dan mendeteksi masalah gigi dan mulut yang mungkin tidak kamu sadari.

Prosedur kemudian akan dilanjutkan sesuai dengan kebutuhan pasien. Misalnya saja dimulai dengan scaling gigi dan dilanjutkan dengan prosedur pembersihan noda (stain removal). Dokter juga mungkin akan memberikan terapi oxygen, massage di sekitar rahang dan lain sebagainya.

Selama kunjungan, dokter juga akan menanyakan kondisi kesehatanmu secara umum serta masalah kesehatan (khususnya gigi dan mulut) yang kamu alami. Jika memang ada masalah yang membutuhkan tindakan berikutnya (misalnya perawatan akar gigi, penambalan dan lain sebagainya) dokter mungkin akan mengatur janji temu di waktu yang berbeda.

Setelah selesai, dokter akan memberikan rekomendasi perawatan gigi dan mulut yang benar. Misalnya saja mengurangi konsumsi makanan manis, menghilangkan kebiasaan merokok hingga memberikan rekomendasi pola makan yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut.

Berapa Harga Dental Spa?

Biaya spa gigi

Karena spa gigi adalah perawatan yang bersifat menyeluruh, biaya yang dikeluarkan mungkin sedikit lebih mahal dibanding perawatan tunggal seperti scaling gigi saja. Harga spa gigi juga bervariasi, tergantung pada jenis perawatan, layanan yang disediakan dalam paket dan lokasi spa yang kamu pilih. Biaya spa gigi mulai Rp500.000 hingga jutaan rupiah.

Dental spa adalah inovasi menyenangkan dalam perawatan gigi, menciptakan suasana yang santai dan mengurangi kecemasan. Manfaatnya melibatkan relaksasi, peningkatan kesehatan gigi, dan pencegahan. Dengan prosedur yang bervariasi, pengalaman holistik ini dapat meningkatkan kesehatan dan kepercayaan diri. Meskipun biayanya bervariasi, dental spa menawarkan solusi yang berharga untuk perawatan gigi yang nyaman dan menyenangkan.

Apa bedanya Dental Spa dan Scaling Gigi?

Perbedaan antara scaling gigi dan spa gigi dapat dilihat pada tabel berikut:

ScalingDental spa
TujuanMenghilangkan plak dan karang gigiMeningkatkan kesehatan gigi dan gusi secara menyeluruh
ProsedurPembersihan gigi dengan alat manual atau ultrasonikPembersihan gigi dengan alat manual atau ultrasonik, serta perawatan lain yang dapat meningkatkan kesehatan gigi dan gusi
Durasi30-60 menit60 menit atau lebih
Biaya150 – 500 Ribu500 ribu hingga jutaan

Scaling direkomendasikan untuk semua orang dewasa setidaknya dua kali setahun. Dental spa dapat dilakukan setiap enam bulan atau setahun sekali, tergantung pada kebutuhan individu.

Ingin melakukan perawatan gigi dan mulut dengan suasana klinik gigi yang nyaman dan tenaga dokter profesional berpengalaman? Klinik Axel Dental adalah jawabannya. Buat rencana kunjungan dan pilih salah satu dari 17 cabang Axel Dental yang ada untuk perawatan gigi dan mulut yang optimal!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *