Article

Rahang Bawah Maju: Penyebab, Harga & Cara Mengatasinya

  • Home
  • -
  • Keluhan Gigi
  • -
  • Rahang Bawah Maju: Penyebab, Harga & Cara Mengatasinya
Rahang Bawah Maju: Penyebab, Harga & Cara Mengatasinya

Rahang bawah maju penyebabnya adalah Maloklusi namun secara umum adalah istilah medis yang digunakan untuk menyebutkan posisi atau susunan gigi dan rahang yang tidak normal. Salah satu jenis maloklusi yang umum kita temui adalah dagu maju atau underbite. Kondisi ini ditandai dengan rahang bawah yang tidak sejajar dan terlihat lebih maju daripada rahang atas.

Underbite adalah kasus yang terbilang umum. Dilansir dari Cleveland Clinic, sebanyak 5 – 10% populasi di dunia mengalami underbite. Pada kasus yang parah, Rahang bawah maju disebut underbite kerap membuat orang yang mengalaminya tidak percaya diri. Menurut Healthline, underbite juga bisa menyebabkan kesulitan berbicara dan mengganggu fungsi gigi dalam mengunyah. Apa penyebab dan cara mengatasi dagu maju? Simak penjelasannya berikut ini!

Penyebab Dagu Maju

Susunan gigi atas dan bawah kita dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor-faktor yang bisa menyebabkan seseorang memiliki masalah underbite atau dagu maju antara lain adalah:

Genetik

Kasus underbite seringkali bersifat genetik atau keturunan. Kamu mungkin akan mengalami masalah ini jika ada setidaknya satu anggota keluargamu yang memilikinya. Genetika diketahui sebagai salah satu faktor yang menentukan bentuk dan ukuran rahang serta gigi seseorang.

Kebiasaan

Kebiasaan yang muncul sejak masa kanak-kanak juga bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami underbite. Kebiasaan ini antara lain adalah:

Kecelakaan

Cedera parah pada wajah bisa menyebabkan kerusakan permanen pada tulang rahang. Biasanya, kasus patah tulang rahang bisa diperbaiki, namun rahang tidak selalu bisa menyatu kembali dengan baik setelah pembedahan. Ini juga bisa menyebabkan seseorang mengalami underbite.

Gejala Rahang Bawah Maju

gejala underbite

Masalah underbite ringan umumnya tidak begitu kentara dan tidak menimbulkan masalah. Ketidakselarasan rahang ini bisa menimbulkan sejumlah gejala seperti:

  • Dagu bawah maju dan terlihat lebih menonjol ke depan
  • Kesulitan membuka atau menutup mulut
  • Merasa tidak nyaman atau nyeri saat berbicara dan mengunyah
  • Sakit rahang
  • Sulit bernapas dan bau mulut (halitosis).

Seiring dengan berjalannya waktu, underbite bisa menyebabkan masalah tambahan atau komplikasi berupa:

  • Gangguan sendi temporomandibular (TMJ). Hal ini muncul ketika ada masalah pada sendi yang menghubungkan antara rahang atas dan bawah serta jaringan di sekelilingnya. Ini menimbulkan gejala seperti sakit kepala, nyeri wajah dan sakit telinga
  • Masalah gigi. Gigitan yang tidak sejajar menyebabkan banyak ruang bagi bakteri untuk bersembunyi dan meningkatkan risiko infeksi. Masalah gigi seperti gigi berulang dan penyakit gusi juga akan lebih mudah muncul
  • Sleep apnea. Sleep apnea atau gangguan tidur juga bisa terjadi pada mereka yang mengalami underbite. Ini menyebabkan kamu berhenti bernapas sejenak saat tidur dan membuatmu terjaga. Kondisi ini menyebabkan kelelahan dan kantuk di siang hari.

Bagaimana Cara Mengatasi Rahang Bawah yang Maju?

Kebanyakan orang tidak dilahirkan dengan posisi rahang atas dan bawah yang sejajar dengan sempurna. Dalam beberapa kasus, underbite ringan tidak memerlukan perawatan apapun, selama itu tidak mengganggu aktivitas. Namun, mengoreksi rahang bawah maju –terutama jika sudah parah, bisa memberikan manfaat yang besar.

Selain gigi yang lebih mudah dibersihkan, mengoreksi underbite akan menghindarkanmu dari risiko kerusakan gigi dan penyakit gusi. Rasa tegang pada gigi, rahang dan otot wajah juga bisa berkurang. Jika kamu bertanya apakah rahang bawah maju bisa mundur? jawabannya ada disini!

Cara Mengatasi Dagu Maju Tanpa Operasi

Cara Mengatasi Rahang Bawah Maju Tanpa Operasi

Mengatasi masalah underbite tanpa operasi biasanya bisa dilakukan untuk kasus yang ringan. Beberapa opsinya antara lain adalah dengan memasang kawat gigi untuk memindahkan gigi ke posisi yang benar hingga pemasangan aligner.

Baca juga: Estimasi Harga Pasang Behel Gigi di Axel Dental

Perawatan gigi harian juga perlu diperhatikan untuk meminimalisasi masalah seperti penyakit gusi. Karena itu, pastikan kamu menyikat gigi dua kali sehari, gunakan flossing dan interdental cleaner untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal.

Cara Mengatasi Dagu Maju Secara Medis

Cara Mengatasi Rahang Bawah Maju di Dokter Gigi

Secara medis, dokter mungkin akan merekomendasikan pencabutan satu atau dua gigi di rahang bawah untuk memperbaiki tampilan underbite (terutama jika underbite terjadi karena gigi yang terlalu padat). Dokter gigi juga mungkin akan menggunakan alat gerinda untuk mengikis atau menghaluskan gigi yang menonjol atau berukuran besar.

Baca juga: Kisaran Biaya Cabut Gigi di Klinik Gigi

Dalam kasus yang lebih parah, pembedahan akan direkomendasikan untuk memperbaiki tampilan dan fungsi dagu agar kembali normal.

Berapa Biaya Operasi Rahang Bawah Maju?

Biaya operasi dagu maju di Indonesia berkisar antara Rp60 juta hingga Rp100 juta. Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, yaitu:

  • Tingkat keparahan kelainan rahang bawah maju
  • Jenis operasi yang dilakukan
  • Rumah sakit tempat operasi dilakukan
  • Dokter bedah yang menangani

Secara umum, operasi rahang bawah maju dilakukan dengan cara memotong tulang rahang bawah dan memindahkannya ke posisi yang benar. Operasi ini biasanya dilakukan dengan anestesi umum dan membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam.

Selain biaya operasi, pasien juga perlu mempersiapkan biaya untuk rawat inap, biaya obat-obatan, dan biaya kontrol pasca operasi. Biaya rawat inap biasanya berkisar antara Rp5 juta hingga Rp10 juta. Biaya obat-obatan dan biaya kontrol pasca operasi dapat berkisar antara Rp1 juta hingga Rp5 juta.

Oleh karena itu, total biaya yang perlu dipersiapkan untuk operasi rahang bawah maju dapat berkisar antara Rp80 juta hingga Rp200 juta.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghemat biaya operasi rahang bawah maju:

  • Lakukan riset untuk membandingkan biaya operasi di berbagai rumah sakit.
  • Pilih rumah sakit yang menawarkan paket operasi rahang yang lengkap, termasuk biaya rawat inap, biaya obat-obatan, dan biaya kontrol pasca operasi.
  • Tanyakan kepada dokter tentang kemungkinan mendapatkan diskon atau potongan harga untuk operasi rahang.

Punya masalah underbite yang membuatmu merasa tidak percaya diri dan tidak nyaman? Jangan ragu untuk berkonsultasi ke Klinik Axel Dental. Tenaga dokter berpengalaman yang kami miliki siap membantumu mengatasi semua permasalahan kesehatan gigi dan mulutmu. Kunjungi salah satu cabang kami atau buat janji temu sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *