Article

Obat Kumur Sakit Gigi Paling Ampuh di Apotek dan Alami

  • Home
  • -
  • Perawatan Gigi
  • -
  • Obat Kumur Sakit Gigi Paling Ampuh di Apotek dan Alami
Obat Kumur Sakit Gigi Paling Ampuh di Apotek dan Alami

Sakit gigi meski yang paling ringan sekalipun tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Salah satu cara untuk meringankan nyeri gigi adalah dengan menggunakan mouthwash atau obat kumur sakit gigi. Apakah obat kumur ampuh mengobati sakit gigi?

Menurut Royalty Dental Associate, obat kumur bisa membantu mengatasi beberapa jenis sakit gigi. Namun, tetap bergantung pada jenis sakit gigi serta obat kumurnya. Beberapa obat kumur khusus mengandung bahan desensitisasi yang bisa membantu meredakan nyeri. Sementara yang lainnya hanya akan membersihkan kotoran yang mengiritasi mulut.

Jenis obat kumur sakit gigi secara umum terbagi menjadi dua: obat kumur yang dijual di apotek dan obat kumur yang alami. Simak apa saja contoh masing-masing obat kumur tersebut dan cara penggunaannya!

Rekomendasi Obat Kumur Untuk Sakit Gigi di Apotik

satu botol obat kumur

Betadine Mouthwash & Gargle

Betadine Mouthwash & Gargle adalah salah satu pilihan obat kumur sakit gigi yang populer. Mengandung povidone iodine dengan konsentrasi 1%, obat kumur antiseptik ini ampuh mengatasi berbagai masalag mulut mulai dari sakit gigi, gusi bengkak, sariawan, sakit tenggorokan, napas tidak sedap dan bau mulut.

Kamu bisa menggunakan Betadine obat kumur dengan menuangkan 15 mL ke dalam tutup botol, kemudian kumur selama 30-60 detik. Penggunaan obat ini disarankan sebanyak 3-5 kali sehari. Hindari menelan obat kumur ini.

Betadine Mouthwash & Gargle bisa dibeli di apotek terdekat dengan harga mulau dari Rp23.000 (untuk kemasan 100 ml) dan Rp38.000 (untuk kemasan 190 ml).

Dentova Pro Mouthwash

Brand obat kumur sakit gigi lainnya yang juga bisa menjadi pilihan adalah Dentova Pro Mouthwash. Dentova Pro Mouthwash memiliki kandungan antiseptik yang efektif dalam memerangi mikroorganisme berbahaya. Formula ini mengandung Chlorhexidine Digluconate 0,2%, Allantoin, Peppermint, dan Eucalyptus Mint.

Produk ini dapat mengurangi masalah gigi sensitif dan gigi berlubang, mencegah pertumbuhan plak bakteri, serta melindungi jaringan penyangga gigi dari kerusakan. Untuk hasil optimal, gunakan Dentova Pro Mouthwash dua kali sehari dengan berkumur selama satu menit.

Dentova Pro Mouthwash dapat dibeli dengan harga Rp20.000 – Rp24.000 (untuk ukuran 220 ml).

Aloclair Plus Mouthwash

Aloclair Plus adalah obat kumur yang mengandung aloe vera dan asam hialuronat. Memiliki manfaat pereda nyeri, obat kumur ini bisa meredakan sakit gigi serta menyembuhkan luka pada rongga mulut baik karena sariawan maupun penggunaan kawat gigi. Untuk menggunakannya, ambil 10 ml Aloclair Plus Mouthwash. Gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 1 menit. Ulangi sebanyak 3-4 kali sehari sesuai dengan kebutuhan.

Aloclair Plus Mouthwash bisa dibeli dengan harga mulai Rp196 ribuan.

Tantum Verde Gargle

Jika kamu mencari obat kumur sakit gigi setelah ekstraksi, Tantum Verde Gargle bisa jadi pilihan. Obat kumur ini juga bisa mengatasi masalah lain seperti sakit tenggorokan dan nyeri pada mulut.

Obat kumur sakit gigi ini dapat dibeli dengan harga Rp30ribuan.

Listerine Original

Listerine Original adalah obat kumur yang mengandung alkohol, menthol, dan eucalyptol. Obat ini efektif untuk membunuh bakteri dan kuman penyebab infeksi gigi dan gusi. Listerine Original juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan gusi.

Listerine Original tersedia dalam kemasan botol 250 ml dan 500 ml. Harga Listerine Original di pasaran berkisar antara Rp25.000 hingga Rp50.000.

Bahan Obat Kumur Untuk Sakit Gigi Secara Alami

Jika kamu tidak memiliki obat kumur atau obat pereda nyeri dari apotek, menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah bisa membantumu meringankan sakit gigi. Apa saja bahan-bahan alami tersebut?

  • Larutan Air Garam Larutan air garam adalah bahan yang paling mudah ditemukan dan sering direkomendasikan untuk meredakan sakit gigi. Secara ilmiah, berkumur dengan air garam hangat membantu meredakan sakit gigi dengan meningkatkan keseimbangan pH di dalam mulut, menciptakan lingkungan yang lebih basa di mulut, sehingga bakteri penyebab sakit gigi tidak dapat berkembang lagi. Bakteri berbahaya yang menyebabkan rasa sakit Anda lebih menyukai lingkungan yang asam.
  • Minyak Oregano Bahan alami lain yang juga bisa kamu manfaatkan untuk meredakan sakit gigi adalah minyak oregano. Minyak oregano memiliki kandungan antibiotik alami yang akan membunuh bakteri dan carvacrol yang membantu meredakan nyeri.Untuk menggunakannya, tambahkan beberapa tetes minyak oregano ke dalam air hangat dan berkumurlah selama 15-30 detik.
  • Teh Chamomile Teh chamomile memiliki efek relaksasi dan antiinflamasi yang bisa berguna sebagai obat kumur sakit gigi dan gusi bengkak. Seduh segelas teh chamomile dengan air hangat. Gunakan sebagai obat kumur. Kamu juga bisa meminum teh tersebut untuk membantu meredakan inflamasi dari dalam.

Itu dia beberapa rekomendasi obat kumur sakit gigi yang bisa digunakan untuk membantu meredakan rasa sakit. Namun, perlu dicatat bahwa obat sakit gigi seperti obat kumur sifatnya hanya meringankan. Untuk bisa sembuh dari sakit gigi, kamu harus memeriksakan diri ke dokter gigi untuk mengetahui penyebab sakit gigi yang kamu alami.

Perawatan gigi yang optimal tentu harus dibarengi dengan perawatan rutin ke dokter gigi. Untuk mengoptimalkan kesehatan gigi dan mulut, kamu direkomendasikan berkunjung ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali meski sedang tidak sakit gigi.

Klinik gigi Axel Dental dengan pengalaman sejak tahun 2016, siap menjadi mitra bagi seluruh keluarga Indonesia yang ingin melakukan perawatan gigi dan mulut. Cabang kami tersebar di berbagai daerah dan masing-masing dilengkapi fasilitas medis terkini dan tenaga dokter gigi berpengalaman. Hubungi kami untuk membuat janji temu perawatan gigi sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *