Article

Rontgen Gigi Panoramic: Cek Kesehatan Gigi yang Easy Banget!

  • Home
  • -
  • Seputar Gigi
  • -
  • Rontgen Gigi Panoramic: Cek Kesehatan Gigi yang Easy Banget!
Rontgen Gigi Panoramic: Cek Kesehatan Gigi yang Easy Banget!

Rontgen gigi menjadi solusi untuk mengetahui tingkat kesehatan mulut secara lebih jelas. Dalam praktiknya, kamu bisa menemukan ada berbagai jenis rontgen gigi yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah rontgen gigi panoramic. Namun, apakah kamu tahu apa itu x-ray gigi panoramic? 

Untuk memperoleh pemahaman secara lebih jelas tentang apa itu x-ray panoramic, kamu bisa membaca penjelasanya sebagai berikut. Penting ketika ingin melakukan pemeriksaan kesehatan gigi secara lebih menyeluruh, lho!

Apa itu Rontgen Gigi Panoramik?

Seorang pria sedang duduk di kursi rontgen gigi dan memegang mesin rontgen untuk melihat kondisi gigi sebelum perawatan melalui rontgen gigi panoramic

Rontgen panoramic merupakan salah satu jenis metode x-ray yang digunakan untuk memperoleh gambaran gigi secara lebih menyeluruh. Ketika melakukan panoramic x-ray, kamu bisa memperoleh gambar rahang atas dan sekaligus rahang bawah berada dalam satu gambar. 

Dalam metode x-ray ini, gambar yang dihasilkan adalah rontgen 2 dimensi yang memperlihatkan keseluruhan struktur mulut secara lengkap. Di dalamnya mencakup gambar gigi, rahang atas beserta rahang bawah, struktur, serta jaringan di sekitarnya dalam sebuah yang digambarkan dalam bentuk datar. 

Kegunaan Rontgen Gigi Panoramik

Kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa harus menggunakan metode x-ray panoramic? Pemakaian metode rontgen ini memberikan berbagai manfaat bagi dokter gigi. Manfaat tersebut di antaranya adalah: 

  • Membantu dokter gigi dalam melakukan diagnosis gangguan pada gigi dan mulut secara lebih komprehensif. Beberapa jenis gejala penyakit dan gangguan yang bisa dikenali menggunakan x-ray gigi panoramic di antaranya adalah kelainan tulang, tulang retak, kista, impaksi gigi, infeksi, sinusitis, serta tumor mulut.
  • Membantu dokter gigi dalam merencanakan perawatan gigi. Seperti untuk pemasangan behel, implan gigi, membuat gigi tiruan hingga pencabutan gigi
  • Memantau perkembangan kondisi gigi dan mulut. Misalkan yang sedang menjalani perawatan ortodonti, gigi yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Efek Samping Rontgen Gigi Panoramic

American Dental Association menyebutkan kalau ekspose sinar x dalam x-ray panoramic sangat minimal, hanya sekitar 0,01 millisievert. Proses pelaksanaannya juga berlangsung sangat singkat, hanya sekitar 12-20 detik. Oleh karena itu, tingkat keamanannya sangat terjamin. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan ada pula efek samping yang muncul akibat dari penggunaan rontgen gigi panoramic yaitu:

  • Meskipun dosis radiasi yang digunakan dalam rontgen gigi panoramik tergolong rendah, paparan radiasi yang berulang dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan risiko kanker. Namun, perlu diingat bahwa risiko ini sangat kecil
  • Orang yang alergi terhadap bahan kontras yang digunakan dalam beberapa jenis rontgen gigi panoramik mungkin mengalami reaksi alergi, seperti gatal-gatal, ruam kulit, atau kesulitan bernapas.

Bagaimana Persiapan Melakukan Rontgen Gigi  Panoramic?

Prosedur dalam pelaksanaan x-ray gigi panoramic relatif sederhana. Oleh karena itu, langkah persiapan yang perlu kamu lakukan ketika akan menjalankan metode rontgen ini tidak terlalu ribet. Kamu hanya perlu melakukan beberapa persiapan kecil sebagai berikut: 

  • Dokter akan meminta kamu untuk menggunakan lead apron sebagai bagian dari prosedur safety. Tujuannya adalah untuk melindungi bagian tubuh lain dari ekspose radiasi sinar x yang bisa saja terjadi. 
  • Dokter juga akan meminta kamu untuk melepaskan setiap perhiasan yang melekat di tubuh. Selain itu, kamu juga bakal diminta untuk melepas kaca mata maupun benda lain berbahan metal yang digunakan. Alasannya, karena benda-benda tersebut bisa mengganggu performa x-ray.
  • Jika kamu dalam kondisi hamil, informasikan terlebih dahulu kepada dokter gigi. Apalagi, banyak peralatan x-ray yang kerap tidak bekerja secara optimal ketika digunakan pada pasien yang tengah mengandung. Selain itu, ada pula risiko radiasi yang bisa mengekspose janin. 
  • Jika memiliki riwayat penyakit informasikan kepada dokter gigi. Seperti memiliki alergi terhadap bahan kontras, riwayat kelainan tiroid, menggunakan obat-obatan tertentu, memiliki riwayat operasi gigi atau rahang dan mempunyai implan gigi atau kawat gigi.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu rontgen gigi panoramic dan kegunaan yang bisa diperoleh dari pelaksanaannya. Dengan memahami metode rontgen ini, kamu pun dapat memperoleh pengetahuan yang tepat terkait penggunaannya. Terutama jika kamu ingin melakukan pemasangan behel atau pemeriksaan gigi yang sakit. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *