Article

Bukan Cuma Gula, Ini Makanan Favorite Penyebab Plak Gigi

  • Home
  • -
  • Seputar Gigi
  • -
  • Bukan Cuma Gula, Ini Makanan Favorite Penyebab Plak Gigi
Bukan Cuma Gula, Ini Makanan Favorite Penyebab Plak Gigi

Tahukah Anda bahwa salah satu dari beberapa makanan penyebab plak gigi mungkin telah menjadi konsumsi Anda sehari-hari? Padahal adanya plak gigi dapat menyebabkan berbagai penyakit serius, seperti gingivitis gigi.

Apa Itu Plak Gigi dan Cara Menghindarinya

Plak sendiri merupakan lapisan bakteri yang lengket dan dapat mengakibatkan kerusakan pada gusi serta gigi Anda. 

Menyikat gigi secara teratur dua kali sehari dan menggunakan benang gigi setidaknya sekali dalam sehari bisa menjaga Anda terhindar dari masalah plak gigi.

Baca juga: Terungkap, Bakteri Penyebab Plak Gigi Yang Wajib Diwaspadai

Makanan Penyebab Plak Gigi yang Wajib Dihindari

Selain rajin menjaga kesehatan gigi dan berkonsultasi ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali, Anda juga perlu mengetahui beberapa makanan penyebab plak gigi berikut ini agar tidak terjadi masalah yang serius di kemudian hari.

Baca juga: 6 Tips Sederhana Cara Membuat Gigi Kuat untuk Anda

Roti

Roti merupakan salah satu makanan penyebab plak gigi

Sebaiknya Anda berpikir dua kali sebelum mengambil roti saat belanja bulanan di supermarket. Saat Anda mengonsumsi roti, air liur Anda akan menguraikan kandungan pati atau zat tepung di dalamnya menjadi gula.

Setelah berada di dalam mulut, roti yang Anda makan akan berubah menjadi seperti pasta yang lengket dan dapat menempel di antara rongga-rongga gigi. 

Hal inilah yang kemudian dapat mengakibatkan plak dan jika tidak rajin dibersihkan bisa berkembang menjadi karang gigi.

Oleh karena itu, jika Anda tiba-tiba ingin makanan ringan yang dapat menunda lapar, sebaiknya pilih yang terbuat dari gandum utuh bukan sesuatu dari bahan yang telah diproses, seperti roti.

Makanan yang terbuat dari gandum utuh umumnya rendah gula tambahan dan tidak mudah diuraikan oleh air liur.

Permen

Beberapa contoh permen yang biasa dikonsumsi
Permen adalah Makanan Penyebab Plak Gigi

Bukan rahasia lagi jika permen merupakan salah satu makanan penyebab plak gigi dan masalah kerusakan gigi lainnya jika dikonsumsi berlebihan.

Terlebih lagi jika Anda mengonsumsi permen kunyah yang mengandung zat asam dan dapat menempel lama di gigi. 

Baca juga: Cari Tahu Faktanya! Benarkah Gigi Rusak karena Makan Permen?

Buah-Buahan Sitrun

Buah-buahan sitrun merupakan salah satu makanan penyebab plak gigi
Buah Dengan Kandungan Zat Asam

Buah-buahan yang mengandung zat asam seperti jeruk dan lemon mungkin sangat menyegarkan untuk dikonsumsi sehari-hari. 

Akan tetapi, Anda perlu ingat bahwa buah-buahan tinggi vitamin C tersebut mengandung asam yang dapat mengerosi enamel pada gigi dan mengakibatkan gigi Anda lebih mudah terkena plak.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat antioksidan dari jeruk atau lemon, sebaiknya konsumsi secara tidak berlebihan di waktu makan. Lalu, lanjutkan dengan berkumur setelahnya.

Baca juga: 7 Jenis Buah yang Sehat untuk Gigi Kuat, Bersih & Tanpa Noda

Buah yang Dikeringkan

Beberapa contoh buah yang dikeringkan
Manisan Buah Kering

Buah-buahan yang dikeringkan ternyata dapat juga menjadi makanan penyebab plak gigi. Mungkin Anda mengira bahwa camilan ini menyehatkan, tetapi tidak semua buah kering sehat untuk gigi Anda karena cenderung lengket.

Aprikot dan buah prem kering serta kismis biasanya melekat pada gigi saat dimakan sehingga kemungkinan besar meninggalkan banyak gula pada gigi-gigi Anda.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk selalu berkumur dengan air dan dilanjutkan dengan menggosok gigi jika Anda baru saja makan buah-buahan kering. Lebih baiknya Anda bisa menghindari makanan tersebut dan memilih mengonsumsi buah segar yang rendah gula.

Biskuit

Biskuit merupakan salah satu makanan penyebab plak gigi
Biskuit

Sama halnya dengan roti, biskuit merupakan makanan yang mengandung zat tepung dan dapat berubah menjadi lengket saat dikunyah dalam mulut.

Cobalah memakan satu keping biskuit saja dan perhatikan bagaimana keadaan gigi Anda setelah itu. Pasti ada cukup banyak sisa makanan tersebut yang menempel di permukaan gigi.

Keripik Kentang

Keripik kentang
Keripik kentang

Renyah dan gurihnya keripik kentang mungkin sangat sulit untuk Anda hindari. Tetapi, ingatlah bahwa camilan ini merupakan salah satu makanan penyebab plak gigi.

Keripik kentang memiliki cukup banyak kandungan pati yang dapat berubah menjadi gula dan terperangkap di antara gigi-gigi Anda saat dikunyah.

Saat mengonsumsi keripik kentang, Anda cenderung memakannya lebih dari satu yang mengakibatkan zat asam menumpuk di jari-jari tangan. Hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri yang membentuk plak.

Alih-Alih Mengonsumsi Makanan Di atas, Gantilah Dengan Camilan Berikut

Untuk menghindari godaan mengonsumsi makanan penyebab plak gigi di atas, ada baiknya Anda menyiapkan makanan atau camilan berikut ini yang justru baik untuk gigi.

Permen Karet Bebas Gula

Selain cocok menjadi pengganti permen saat Anda ingin mengunyah sesuatu, permen karet bebas gula juga bisa merangsang produksi air liur. 

Peningkatan produksi air liur ini sangat membantu dalam proses melawan bakteri yang ada di dalam mulut Anda. 

Apabila memungkinkan, pilih jenis permen karet yang mengandung probiotik Lactobacillus reuteri selain dinyatakan bebas gula.

Makanan dengan Tekstur Renyah

Jika Anda sedang menginginkan makanan penyebab plak gigi yang renyah dan gurih seperti keripik kentang, Anda bisa menjadikan apel sebagai gantinya.

Apel memiliki tekstur yang renyah dan mengandung kadar asam yang cukup ringan. Selain itu, buah yang satu ini juga berkhasiat menghilangkan warna kekuningan yang ada pada gigi Anda.

Selain apel, timun, wortel, dan batang seledri juga bisa dijadikan alternatif saat Anda ingin makan sesuatu yang renyah.

Jadi, sekarang tidak ada lagi alasan untuk mengonsumsi makanan penyebab plak gigi secara berlebihan, ya! Sebab, masih ada alternatif makanan lain yang bisa Anda jadikan camilan untuk menemani di saat senggang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *