Article

Harga Scaling Gigi di Klinik Gigi Axel Dental

  • Home
  • -
  • Perawatan Gigi
  • -
  • Harga Scaling Gigi di Klinik Gigi Axel Dental
Harga Scaling Gigi di Klinik Gigi Axel Dental

Scaling gigi merupakan prosedur pembersihan gigi secara profesional yang dilakukan oleh dokter gigi atau ahli gigi. Lewat proses ini, dokter gigi akan menghilangkan plak, tartar dan noda pada gigi. Menurut drg. Sri Danardono, scaling gigi penting untuk dilakukan karena bisa membantu mempertahankan kebersihan gigi dan mendukung kesehatan umum, mencegah masalah yang dapat berkembang menjadi kondisi yang lebih serius.

Selain itu, melakukan scaling gigi secara berkala juga penting untuk menjaga penampilan.Terlebih bagi mereka yang memiliki pekerjaan atau aktivitas tertentu yang mengharuskan mereka untuk berinteraksi atau bertemu dengan banyak orang setiap harinya. Memiliki barisan gigi yang rapi dan bersih tentu akan meningkatkan kepercayaan dirimu dalam berbagai kesempatan.

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang berapa perkiraan atau estimasi harga membersihkan karang gigi di Axel Dental dan faktor-faktor apa yang memengaruhi harga scaling Simak selengkapnya!

Estimasi Harga Scaling Gigi di Axel Dental

Harga membersihkan karang gigi bervariasi antara satu klinik dengan klinik lainnya. Di Axel Dental, biaya untuk melakukan scaling adalah sebagai berikut:

  • Biaya administrasi untuk pasien baru Rp75 ribu
  • Rp300 ribu – Rp600 ribu, tergantung tingkat keparahan karang gigi.

Jika kamu berkonsultasi saja tanpa disertai tindakan scaling (karena alasan tertentu, misalnya), kamu akan dikenakan biaya Rp175 ribu untuk kunjungan tersebut.

Kenapa Harga Scaling Gigi Mahal?

faktor yang Memengaruhi Harga Scaling Gigi mahal

Seperti halnya prosedur perawatan gigi dan kesehatan lainnya, harga membersihkan karang gigi dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain:

Tingkat Kesulitan Scaling Gigi

Biaya scaling gigi dipengaruhi oleh tingkat kesulitan prosedur. Kasus yang lebih kompleks, dengan penumpukan tartar yang parah atau kondisi gusi yang lebih serius, memerlukan lebih banyak waktu dan keterampilan dokter gigi. Faktor ini dapat membuat harga scaling lebih mahal karena membutuhkan perawatan intensif dan penanganan khusus untuk memastikan keberhasilan prosedur.

Beberapa contoh kondisi scaling gigi yang sulit adalah:

  • Karang yang terlalu banyak dan tebal. Karang gigi yang sudah terlalu banyak dan tebal akan mengeras dan menyulitkan prosedur scaling. Waktu yang dibutuhkan juga akan lebih panjang sehingga biayanya lebih tinggi
  • Gigi yang berlubang dan rusak. Lubang atau celah pada bagian gigi yang rusak akan menjadi tempat bagi plak dan tartar yang sulit dijangkau. Struktur gigi yang rusak juga membuat proses scaling jadi lebih rumit sebab dokter harus lebih berhati-hati agar tidak membuat kerusakan semakin parah atau menyebabkan ketidaknyamanan pada pasien
  • Posisi gigi yang miring atau tertutup gusi sebagian. Posisi gigi yang miring atau tertutup sebagian oleh gusi dapat membuat akses sulit saat melakukan scaling. Gigi yang tidak terpapar sepenuhnya membuat area tertentu sulit dijangkau oleh instrumen pembersihan, meningkatkan kesulitan dalam menghilangkan plak, tartar, dan kotoran pada gigi tersebut.

Jumlah Gigi yang akan Di-Scaling

Jumlah gigi yang perlu di-scaling adalah faktor utama yang memengaruhi harga scaling gigi. Semakin banyak gigi yang membutuhkan perawatan, semakin lama dan intensif prosesnya, yang dapat membuat biayanya lebih tinggi.

Jenis Alat Scaling Gigi yang Digunakan

Harga scaling gigi dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk jenis alat yang digunakan. Alat modern yang canggih dan teknologi terbaru biasanya lebih mahal. Teknologi seperti ultrasonik atau laser dapat meningkatkan efisiensi dan kenyamanan, tetapi juga meningkatkan biaya peralatan. Selain itu, dokter gigi berpengalaman atau spesialis mungkin mengenakan biaya lebih tinggi. Faktor-faktor ini berkontribusi pada harga yang lebih tinggi untuk layanan scaling gigi yang menggunakan peralatan dan teknologi yang lebih mutakhir.

Lokasi Klinik Gigi dan Reputasi

Selain berbagai faktor di atas, harga membersihkan karang gigi juga dipengaruhi oleh lokasi klinik tempat prosedur dilakukan. Semakin strategis lokasi klinik dan semakin baik reputasi dokternya, maka biaya yang dikenakan juga akan semakin besar.

Apakah Scaling Gigi Ditanggung Asuransi?

Beberapa asuransi kesehatan mungkin mencakup pemeriksaan gigi dan perawatan pencegahan seperti scaling, sementara yang lain mungkin tidak. Jangan ragu untuk menghubungi perwakilan asuransi kamu untuk informasi yang lebih akurat. Sebaiknya cek langsung ke penyedia asuransi kamu untuk pastikan, karena kebijakan asuransi dapat bervariasi satu sama lain.

Axel Dental sendiri telah bekerja sama dengan banyak perusahaan asuransi termasuk Sun Life Financial, ACA Asuransi, Sinarmas MSIG Life dan berbagai perusahaan asuransi populer lain di Indonesia. Jika kamu menggunakan salah satu asuransi ini dan asuransi tersebut menyediakan cakupan perawatan gigi dan mulut seperti scaling, kamu bisa langsung datang ke salah satu cabang Axel Dental untuk melakukan perawatan.

Rekomendasi Klinik Terbaik untuk Scaling Gigi

Scaling gigi mungkin terlihat seperti sebuah prosedur yang sederhana. Menurut dokter gigi kosmetik, Dr. Victoria Veytsman, DDS (dilansir dari Bustle), scaling gigi harus dilakukan oleh seorang tenaga kesehatan profesional dan dilakukan setiap 6 bulan sekali. Karena itu pastikan kamu memilih klinik tepercaya untuk melakukan scaling, ya!

Axel Dental dengan 17 cabang yang tersebar di Jabodetabek memiliki tenaga dokter berpengalaman yang didukung oleh peralatan medis terkini. Klinik gigi Axel Dental siap membantu mengatasi berbagai permasalahan kesehatan gigi dan mulut, termasuk proses scaling oleh dokter berpengalaman.

Punya masalah gigi dan mulut lainnya yang ingin dikonsultasikan? Jangan ragu untuk menghubungi salah satu cabang Axel Dental terdekat untuk mendapatkan solusi terbaik dengan biaya terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *