fbpx
Article

5 Cara Mengeluarkan Sisa Makanan di Lubang Gigi, Ga Ribet!

  • Home
  • -
  • Seputar Gigi
  • -
  • 5 Cara Mengeluarkan Sisa Makanan di Lubang Gigi, Ga Ribet!
5 Cara Mengeluarkan Sisa Makanan di Lubang Gigi, Ga Ribet!

Lubang yang tersisa setelah pencabutan gigi bisa menjadi tempat terjebaknya potongan makanan. Selain menyebabkan risih, potongan makanan yang tersangkut di lubang gigi ini harus dibersihkan karena bisa menjadi sarang bakteri dan menyebabkan infeksi.

Lalu, bagaimana cara mengeluarkan sisa makanan di lubang gigi? Simak beberapa langkah untuk mengatasinya seperti yang dilansir oleh Healthline berikut ini!

Berkumur dengan Air Hangat atau Obat Kumur Antiseptik

Cara pertama untuk mengeluarkan sisa makanan di lubang gigi adalah dengan berkumur menggunakan air hangat atau obat kumur antiseptik. Ambil secukupnya obat kumur antiseptik cair, kemudian berkumurlah selama kurang lebih 30 detik. Hal ini akan membantu melonggarkan posisi potongan makanan yang tersangkut dan mengeluarkannya dari lubang gigi. 

Selain itu, obat kumur antiseptik juga dapat membunuh bakteri dan menjaga kebersihan mulut. Lakukan ini secara rutin untuk hasil yang optimal.

Baca juga: Ooh, Ternyata Ini Kandungan Obat Kumur yang Bikin Gigi Sehat!

Menggunakan Sikat Gigi

Pilih sikat gigi berbulu halus dan sikat area lubang gigi dengan lembut. Sikat dengan gerakan perlahan untuk memastikan potongan makanan keluar tanpa melukai gusi. Hindari menyikat terlalu keras agar tidak menyebabkan iritasi atau cedera pada gusi. Pastikan untuk menyikat semua bagian gigi secara menyeluruh, terutama area yang sulit dijangkau.

Benang Gigi 

Seorang wanita sedang membersihkan giginya dengan benang gigi.

Benang gigi efektif membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi yang sulit dijangkau sikat gigi. Gunakan benang gigi dengan perlahan dan hati-hati. Masukkan benang di antara gigi, ikuti kontur gigi, dan gosok perlahan untuk mengeluarkan sisa makanan. Hindari menekan atau menarik benang terlalu keras di sekitar gusi untuk mencegah iritasi atau cedera.

Menggunakan Tusuk Gigi

Tusuk gigi berguna untuk mengeluarkan sisa makanan yang sulit dijangkau. Penggunaannya harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak melukai gusi. Pastikan untuk memegang tusuk gigi dengan lembut dan arahkan ke celah gigi tempat sisa makanan tersangkut. Hindari menusuk atau menggesek gusi terlalu keras, karena dapat menyebabkan iritasi atau luka.

Baca juga: Bencana untuk Gigi, Ini Bahaya Tusuk Gigi Menurut Dokter!

Mengunjungi Dokter Gigi

Jika kamu kesulitan mengeluarkan sisa makanan atau jika lubang gigi menyebabkan rasa sakit, bengkak, atau infeksi, segera konsultasikan dengan dokter gigi. Dokter gigi dapat membersihkan area tersebut dengan peralatan profesional dan memberikan perawatan yang diperlukan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. 

Mereka juga dapat memberikan saran tentang perawatan gigi yang tepat dan langkah-langkah pencegahan untuk menghindari masalah serupa di masa depan. Jangan tunda kunjungan ke dokter gigi, karena penanganan dini dapat mencegah komplikasi yang lebih serius dan menjaga kesehatan gigi serta mulutmu tetap optimal.

Itu dia beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengeluarkan sisa potongan makanan yang tersangkut di lubang gigi. Untuk mencegah masalah berulang, ada beberapa langkah pencegahan yang dapat kamu ikuti:

  • Sikat gigi minimal dua kali sehari selama dua menit
  • Gunakan benang gigi sekali sehari
  • Konsumsi makanan yang sehat dan hindari makanan yang lengket atau keras
  • Periksa gigi ke dokter gigi secara rutin minimal enam bulan sekali.

Klinik Gigi Axel Dental dengan pengalaman bertahun-tahun siap membantumu melakukan perawatan gigi dan mulut dengan kualitas terbaik. Klinik kami didukung oleh tenaga dokter profesional dengan perlengkapan medis terkini. Hubungi Klinik Gigi Axel Dental sekarang juga dan jadwalkan kunjungan perawatanmu segera!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *