Article

Obat Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang di Apotik dan Alami

  • Home
  • -
  • Keluhan Gigi
  • -
  • Obat Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang di Apotik dan Alami
Obat Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang di Apotik dan Alami

Gigi berlubang memang kerap menimbulkan nyeri. Tidak hanya pada gigi, tapi juga gusi yang membengkak. Pembengkakan pada gusi karena gigi berlubang ini biasa disebut sebagai gingivitis. Menurut Mayo Clinic, kondisi ini bisa menyebabkan iritasi, bengkak, kemerahan atau perdarahan di area gingiva atau bagian gusi di sekitar pangkal gusi.

Masalah gusi yang bengkak karena gigi berlubang memang seharusnya segera diatasi dari sumbernya, yakni gigi yang berlubang. Namun, untuk meredakan nyeri, ada beberapa opsi obat gusi bengkak karena gigi berlubang di apotek yang bisa kamu peroleh. Begitu juga dengan beberapa pilihan obat berbahan alami. Obat-obatan ini bisa membantumu sementara sampai dokter gigi melakukan tindakan pengobatan.

Obat Gusi Bengkak Akibat Gigi Berlubang di Apotik

Obat Gusi Bengkak karena Gigi Berlubang di Apotek

Obat gusi bengkak karena gigi berlubang di apotek sebagian besar adalah pereda nyeri yang dijual bebas dan bisa didapatkan tanpa resep dokter. Obat-obatan tersebut antara lain adalah:

Paracetamol

Paracetamol memang paling dikenal sebagai obat penurun panas. Namun, paracetamol juga merupakan salah satu obat analgesik dan antipiretik yang digunakan untuk meredakan nyeri. Karena tidak berpotensi mengiritasi lambung, obat ini digunakan secara luas dan sangat mudah ditemukan di apotek.

Menurut London Pain Clinic, paracetamol bekerja dengan menghalangi produksi zat kimia yang disebut prostaglandin yang terlibat dalam transmisi rasa sakit. Efeknya setelah mengonsumsi paracetamol, rasa nyeri di gusi bisa berkurang.

Chlorhexidine

Chlorhexidine merupakan antiseptik dan desinfektan berbentuk cairan yang mampu mengurangi jumlah bakteri yang ada di mulut, khususnya area gigi yang berlubang dan gusi yang bengkak. Selain digunakan untuk meringankan masalah infeksi mulut, chlorhexidine juga dipakai untuk mengobati radang tenggorokan dan infeksi kulit.

Ibuprofen

Gusi yang bengkak karena gigi berlubang terjadi karena mengalami inflamasi. Untuk mengatasinya, kamu juga bisa menggunakan obat anti-inflamasi seperti ibuprofen. Selain mengurangi inflamasi dan pembengkakan, obat ini juga bisa membantumu meredakan rasa sakit.

Asam Mefenamat

Asam mefenamat atau mefenamic acid adalah jenis obat yang digunakan untuk meredakan nyeri yang cukup parah seperti nyeri otot, kram menstruasi, sakit kepala dan sakit gigi. Konsumsi asam mefenamat bisa meredakan nyeri baik pada gigi maupun gusi yang membengkak saat dikonsumsi. Tapi perlu dicatat bahwa obat ini tidak bisa memperbaiki penyebabnya.

Obat Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang Secara Alami

Obat Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang Secara Alami

Cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang juga bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara alami seperti:

Kumur Air Garam

Berkumur dengan air garam bisa meredakan radang gusi yang membuatnya membengkak. Caranya adalah dengan mencampurkan setengah gelas air dengan satu sendok teh garam. Aduk campuran hingga merata kemudian gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik. Ulangi 2-3 kali per hari hingga bengkaknya hilang.

Kompres dengan Es Batu

Cara alami lain yang juga bisa membantu meredakan bengkak gusi adalah mengompresnya menggunakan air dingin. Ambil handuk bersih, kemudian rendam dengan air dingin. Peras dan kompreskan ke pipi di bagian gusi yang bengkak. Kompres masing-masing selama 5 menit sebanyak 2-3 kali. Ulangi 2-3 setiap hari sampai bengkaknya hilang.

Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh adalah bahan alami yang mengandung senyawa aktif bernama eugenol yang bersifat anestesi alami. Zat ini membantu mematikan sinyal saraf yang memicu rasa sakit pada gigi yang sakit. Eugenol juga memiliki sifat anti radang yang bisa membantu meredakan pembengkakan dan iritasi pada area gusi yang bermasalah.

Perlu dicatat bahwa minyak cengkeh hanya bisa dioleskan saja, tidak boleh ditelan. Minyak cengkeh juga tidak dianjurkan bagi mereka yang punya masalah kelainan darah dan riwayat penyakit kronis.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu menenangkan gusi yang mengalami pembengkakan. Cara menggunakan minyak zaitun sebagai obat gusi bengkak karena gigi berlubang adalah dengan cara mencampurkan beberapa tetesnya dengan segelas air. Selanjutnya, gunakan air tersebut untuk berkumur. Ulangi hingga kamu merasakan efek bengkak pada gusi mulai berkurang.

Perlu dicatat bahwa obat-obatan yang disebutkan di atas hanya dimaksudkan untuk meredakan rasa nyeri sementara saja. Untuk bisa benar-benar sembuh, kamu harus melakukan sesuatu pada gigi berlubang yang menyebabkannya. Entah itu dengan melakukan penambalan gigi, perawatan saluran akar gigi atau bahkan dengan ekstraksi (pencabutan).

Apapun pilihan pengobatannya, pastikan kamu melakukannya di bawah pengawasan tenaga dokter profesional. Di Axel Dental, kamu tidak hanya bisa menemukan dokter-dokter terbaik, tapi juga peralatan medis dan pelayanan yang mumpuni untuk masalah gigi dan mulutmu. Buat janji temu sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *