fbpx
Article

Dijamin Aman, 5 Cara Memilih Sikat Gigi yang Baik dan Benar!

  • Home
  • -
  • Tips Gigi
  • -
  • Dijamin Aman, 5 Cara Memilih Sikat Gigi yang Baik dan Benar!
Dijamin Aman, 5 Cara Memilih Sikat Gigi yang Baik dan Benar!

Memilih sikat gigi yang tepat kadang bisa amat membingungkan, terutama ketika semua produk tampak serupa. Faktanya, tidak semua sikat gigi dibuat dengan fitur-fitur yang sama. Jika sejauh ini Anda belum menemukan produk yang cocok, artikel ini bisa membantu!

Setidaknya, terdapat lima poin cara memilih sikat gigi yang baik dan benar untuk Anda pertimbangkan supaya tidak salah pilih. Kelima hal tersebut adalah ukuran kepala sikat, jenis bulu sikat, bentuk ujung bulu sikat, mendapat persetujuan ADA, serta jenis sikat gigi. Pembahasannya sebagai berikut.

Cara Memilih Sikat Gigi yang Baik dan Benar Berdasarkan Ukuran Kepala Sikat

Cara Memilih Sikat Gigi yang Baik dan Benar Berdasarkan Ukuran Kepala Sikat

Kepala sikat gigi menjadi faktor penting yang patut dipertimbangkan dalam cara memilih sikat gigi yang baik dan benar karena ukurannya mempengaruhi kualitas Anda dalam menggosok organ pengunyah ini.

Terdapat beragam ukuran yang tersedia di pasaran, tetapi yang ideal adalah yang memiliki tinggi 2,5 cm dan lebar separuh dari tingginya. Dengan dimensi ini, Anda bisa menjangkau semua letak dan bagian gigi serta membersihkannya secara optimal.

Ukuran kepala sikat yang lebih besar daripada itu juga diperjualbelikan, tetapi dapat dipastikan ketidak cocokannya untuk kebanyakan orang. Sikat dengan kepala besar tak bisa digunakan untuk menjangkau gigi geraham yang paling belakang.

Jadi, jangan membelinya kecuali jika dokter gigi Anda merekomendasikan sebaliknya.

Jenis Bulu Sikat Gigi

Terdapat tiga jenis bulu sikat gigi, yaitu halus, sedang, dan kasar. Baik sikat gigi manual maupun elektronik, keduanya menggunakan jenis bulu yang sama. cara memilih sikat gigi yang baik dan benar dalam hal ini adalah mencari produk dengan bulu nilon halus.

Dari luar, gigi Anda memang tampak keras, tetapi asupan manis, minuman asam, dan buruknya perawatan gigi dan mulut dapat membuat organ pengunyah ini lemah.

Penggunaan sikat gigi berbulu sedang atau kasar dapat memperburuk kondisi tersebut. Kerusakan dapat terjadi pada gusi, permukaan akar, dan lapisan email gigi. Lagi, jangan gunakan produk ini kecuali jika direkomendasikan oleh dokter gigi Anda.

Bentuk Ujung Bulu Sikat Gigi: Bulat Vs. Lurus

Saking kecil dan tipisnya, Anda pasti tak pernah menyadari bahwa ujung bulu sikat gigi tak semuanya berbentuk sama. Ada yang diproduksi dengan ujung bulat, dan ada yang lurus.

Ketika dipakai sekilas, keduanya terasa sama-sama dapat membersihkan. Namun, sikat gigi dengan ujung bulu yang lurus sebenarnya tidak banyak membawa manfaat. Bulu-bulu sikat yang tajam dan bergerigi lebih mungkin untuk melukai gusi yang akhirnya mengarah pada infeksi dan radang.

Jadi, pastikan Anda memilih sikat gigi dengan bulu-bulu sikat berujung bulat. Dengan menggunakannya, Anda tak akan mengalami infeksi dan radang gusi. Sikat gigi ini adalah pasangan yang cocok bagi gusi sensitif.

Memilih Sikat Gigi yang Tepat yang Disetujui ADA

Ilustrasi memilih sikat gigi yang tepat

ADA adalah American Dental Association (Asosiasi Dokter Gigi Amerika), yaitu sebuah lembaga berskala internasional yang menetapkan standar bagi produk-produk kesehatan mulut dan gigi, termasuk sikat gigi. Lembaga ini pula yang menguji coba dan menyertifikasi produk-produk tersebut.

Sebelum dilempar ke pasaran, sebuah produk harus melalui serangkaian pengujian ketat terlebih dahulu agar keamanannya terjamin serta dapat berfungsi dengan baik. Jadi, sikat gigi yang telah disertifikasi oleh ADA (memiliki segel ADA Seal of Approval pada kemasan) pastilah produk yang tidak main-main.

Hal ini berlaku untuk semua jenis sikat gigi, baik yang manual maupun elektronik. Dalam kasus sikat gigi manual, segel ADA pada kemasan menandakan hal-hal berikut.

  • Bulu sikat memiliki ujung-ujung yang aman.
  • Bodi atau pegangannya cukup kuat sehingga aman untuk penggunaan harian.
  • Bulu-bulu sikat tak mudah lepas meskipun sering digunakan sesuai rekomendasi.
  • Keseluruhan sikat gigi memiliki fungsi yang dapat mengurangi penumpukan plak atau karang gigi dan penyakit-penyakit gusi di stadium awal.

Sementara itu, segel ADA pada kemasan sikat gigi elektronik juga menandakan hal-hal yang serupa seperti di atas, tetapi berlaku poin tambahan untuk kepala sikatnya.

Segel ADA menjamin bahwa kepala sikat yang bersifat sekali pakai pada sebuah sikat gigi elektrik telah melalui serangkaian uji keamanan serta percobaan yang panjang dan melelahkan.

Hal tersebut dilakukan untuk meyakinkan konsumen bahwa sikat gigi elektrik bersegel ADA aman digunakan bagi gigi, jaringan mulut, dan perangkat kerasnya, seperti behel.

Cara Memilih Sikat Gigi yang Baik dan Benar Berdasarkan Jenis Sikat Gigi

Cara Memilih Sikat Gigi yang Baik dan Benar Berdasarkan Jenis Sikat Gigi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, terdapat dua jenis sikat gigi di pasaran: manual dan elektronik. Memilih salah satunya murni merupakan ketertarikan pribadi karena jika dilihat dari fungsi membersihkannya, keduanya dapat berperan dengan sama baiknya.

Namun, tetap saja ada bahan pertimbangan dalam memilih salah satu di antaranya.

  • Sikat gigi dapat memfasilitasi ritual Anda dalam menggosok gigi dengan teknik yang benar selama 2 menit sesuai yang direkomendasikan, sebanyak dua kali sehari.
  • Biaya yang dikeluarkan untuk membeli salah satunya masih masuk dalam jangkauan bujet dan sebanding dengan hasil yang didapat.

Kesimpulan

Memilih sikat gigi yang tepat tidak akan lagi memusingkan selama Anda tahu apa-apa saja yang harus dipertimbangkan. Semoga panduan dalam artikel ini dapat membantu menentukan produk yang terbaik untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *