fbpx
Article

Wow! Ini 8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

  • Home
  • -
  • Tips Gigi
  • -
  • Wow! Ini 8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut
Wow! Ini 8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Selain olahraga dan istirahat yang cukup, kesehatan tubuh kita juga sangat dipengaruhi oleh makanan yang kita makan. Hal yang sama juga berlaku untuk kesehatan oral atau gigi dan mulut Anda. Penting untuk mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut agar Anda bisa menggunakannya dengan maksimal.

Lalu, apa saja makanan yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut yang perlu Anda konsumsi? Apa saja nutrisi yang berperan mendukung kesehatan oral Anda? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Kandungan dalam Makanan yang Menyehatkan Gigi

Vitamin untuk Kesehatan Gigi

Ada setidaknya 7 nutrisi penting yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan gigi dan mulut. Apa saja?

  • Kalsium. Kalsium merupakan zat yang sangat baik untuk kesehatan gigi Anda. Mineral ini mampu memperkuat enamel dan meningkatkan kekuatan rahang Anda
  • Vitamin D. Vitamin D mampu mengoptimalkan penyerapan kalsium sekaligus meningkatkan kepadatan tulang dan gigi
  • Potasium. Seperti vitamin D, potasium juga meningkatkan kepadatan mineral tulang Anda. Bersama magnesium, potasium akan mencegah darah menjadi terlalu asam yang bisa menyebabkan lepasnya kalsium dari tulang dan gigi Anda
  • Fosfor. Bersama dengan kalsium, fosfor membentuk hidroksiapatit, komponen struktural utama tulang dan email gigi
  • Vitamin K. Vitamin K bertindak sebagai perisai yang membantu memblokir zat yang dapat memecah tulang. Vitamin K juga membantu tubuh memproduksi osteocalcin, protein yang penting untuk mendukung kekuatan tulang dan gigi
  • Vitamin C. Vitamin C memperkuat gusi dan lapisan di dalam mulut Anda. Vitamin C juga dapat melindungi Anda dari gingivitis gigi, penyakit gusi yang bisa menyebabkan gigi tanggal
  • Vitamin A. Vitamin A berfungsi dalam fungsi kekebalan tubuh, penglihatan dan air liur. Vitamin A membantu selaput lendir mulut tetap sehat, mencegahnya kering dan membantu mulut sembuh dengan cepat.

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut Kamu!

Ada beragam pilihan makanan yang mampu mendukung kesehatan gigi dan mulut Anda. Kadang, satu jenis makanan bisa mengandung lebih dari salah satu zat di atas. Jadi, makanan apa saja yang sebaiknya disantap agar kesehatan gigi dan mulut menjadi lebih optimal?

Makanan Kaya Protein

Ikan dan Daging Makanan Kaya Protein

Makanan yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut yang pertama adalah  protein. Berbagai makanan yang kaya protein seperti daging, ikan, telur dan kacang-kacangan mengandung vitamin D, kalsium serta fosfor yang berguna untuk menjaga gigi tetap sehat dan kuat. Selain itu, protein juga bisa membantu meningkatkan kepadatan tulang Anda.

Sayur-sayuran

Sayur Sayuran

Sayuran yang memiliki kandungan vitamin C dan A seperti sayuran hijau (bayam dan sawi) serta wortel termasuk beberapa opsi yang bisa Anda masukkan dalam menu untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, sayuran hijau bisa membantu membersihkan gigi Anda.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Dia Macam-macam Alat Pembersih Gigi!

Buah-buahan

Sayur Sayuran

Buah-buahan seperti apel dan pir yang renyah dan kaya serat bisa membantu membersihkan gigi serta meningkatkan produksi air liur. Ini secara langsung akan menetralkan asam di dalam mulut yang bisa merusak gigi. Tak hanya itu, buah-buahan juga mengandung vitamin A dan C yang penting bagi kesehatan gigi dan mulut.

Produk Susu dan Yogurt Rendah Lemak

Produk turunan susu termasuk keju dan yogurt adalah pilihan makanan yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut yang baik. Keju rendah gula dan tinggi kalsium. Di dalamnya juga terkandung kasein, protein yang mampu memperkuat enamel gigi. Yogurt rendah lemak juga mengandung kalsium dan probiotik yang bisa membantu melindungi gigi dari kavitis, penyakit gusi bengkak serta napas berbau tak sedap.

Baca juga: Apakah Susu Baik untuk Gigi? Simak Penjelasannya di Sini!

Permen Karet Tanpa Gula

Jika Anda suka mengunyah permen karet, mulai sekarang Anda bisa menjadikan ini sebagai kebiasaan yang baik untuk gigi dan mulut Anda. Hanya saja pastikan permen karet yang Anda makan tidak mengandung gula, ya!

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang secara rutin mengunyah permen karet tanpa gula memiliki risiko mengalami gigi berlubang yang lebih rendah, Ini karena aktivitas mengunyah permen karet akan meningkatkan produksi air liur yang membantu membersihkan sisa-sisa makanan dan bakteri dari gigi dan mulut Anda.

Baca juga: Cari Tahu Faktanya! Benarkah Gigi Rusak karena Makan Permen?

Teh dan Kopi

Kedua minuman ini memiliki kandungan polifenol, salah satu zat yang memiliki peran sebagai antioksidan. Zat ini mampu mengurangi efek inflamasi termasuk yang terjadi di dalam mulut Anda. Teh hijau secara khusus juga mengandung fluoride yang berguna untuk memperkuat email gigi.

Biji Cokelat

Cokelat tanpa tambahan gula bisa membantu mencegah gigi berlubang sekaligus menjaga bakteri di dalam mulut tetap terkendali. Selain itu, cokelat dapat menghentikan pembentukan plak pada gigi.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Ini 6 Makanan Penyebab Plak Gigi

Air Putih

Minum Air Putih

Meskipun simpel, tapi minum air putih dalam jumlah yang cukup bisa menjaga kadar fluoride pada gigi tetap terjaga. Air putih juga bisa membantu Anda menyingkirkan sisa makanan pada gigi sekaligus mempertahankan produksi air liur yang baik.

Itulah beberapa jenis minuman dan makanan yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Pastikan Anda memperoleh asupan yang cukup agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *