fbpx
Article

Kata Dokter, Ini Penyebab Gigi Goyang dan Cara Mengatasinya!

  • Home
  • -
  • Keluhan Gigi
  • -
  • Kata Dokter, Ini Penyebab Gigi Goyang dan Cara Mengatasinya!
Kata Dokter, Ini Penyebab Gigi Goyang dan Cara Mengatasinya!

Gigi goyang adalah masalah gigi yang lumrah pada anak-anak. Ini menjadi tanda beralihnya gigi susu ke gigi dewasa. Ketika mencapai usia dewasa, gigi yang goyang bukan lagi menjadi sesuatu yang normal. Lalu, apa sebenarnya penyebab gigi goyang dan cara mengatasinya?

Beberapa penyebab gigi goyang pada orang dewasa tidak berbahaya. Namun, ada juga yang membutuhkan perawatan dari ahli gigi untuk menyelamatkan, mencabut atau mengganti gigi dengan implan atau bridge gigi.

Ini Lho Alasan Kenapa Gigimu Goyang!

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan gigi goyang pada orang dewasa. Simak beberapa di antaranya berikut ini!

Periodontitis 

Gum disease atau periodontitis terjadi ketika gusi mengalami radang dan infeksi. Ini bisa terjadi ketika kamu tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut. Plak yang menumpuk dan tidak dibersihkan secara tuntas akan mengeras dan menciptakan celah antara gusi dan gigi yang bisa terinfeksi. 

Ada sekitar 40% orang yang mengalami kondisi ini dan 70% terpaksa kehilangan giginya. Beberapa gejalanya antara lain adalah gusi terlihat bengkak, lunak, nyeri, serta berdarah pada gusi saat disikat.

Terkena Benturan Keras pada Gigi

Gigi yang sehat sebenarnya sangat kuat. Tapi cedera atau benturan bisa menyebabkan jaringan di sekitar gigi mengalami kerusakan dan akhirnya goyang. Jika kamu mengalami kecelakaan baik karena jatuh, olahraga atau kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan masalah pada gigi, segera hubungi dokter gigi terdekat untuk mendapatkan penanganan.

Kebiasaan Bruxism

Bruxism atau menggertakkan gigi saat sedang tidur juga bisa menyebabkan gigi menjadi goyang. Kebiasaan bruxism bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai dari stres, cemas, gangguan tidur (sleep apnea atau mendengkur) serta penggunaan obat-obatan tertentu.

Jika kamu menduga gigimu goyang karena bruxism, langkah yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu penyebab bruxism yang kamu alami. Jika itu karena stres, kamu bisa berolahraga atau melakukan latihan pernapasan. Jika penyebabnya adalah sleep apnea, kamu perlu menangani sleep apnea-mu terlebih dulu.

Banyak Karang Gigi

Karang pada gigi harus segera dibersihkan, jika dibiarkan terus menerus bisa menyebabkan gigi menjadi goyang. Ini karena bakteri yang ada pada karang gigi jumlahnya akan semakin banyak sehingga menembus perlekatan antara jaringan pendukung gigi dengan permukaan akar. Kalau tidak segera dirawat, gigi bisa copot secara spontan.

Osteoporosis

Osteoporosis adalah sebuah kondisi yang menyebabkan jaringan tulang menjadi lemah dan keropos. Akibatnya, benturan kecil sekalipun bisa membuat tulang patah. 

Meskipun osteoporosis biasanya menyerang tulang belakang, pergelangan tangan dan pinggul, tapi tulang rahang yang menopang gigi juga bisa mengalaminya. Jika tulang rahang menjadi kurang padat, gigi menjadi goyang dan bisa lepas. National Institute of Health (NIH) juga mengungkap adanya kaitan antara pengeroposan tulang dan risiko terjadinya periodontitis.

Obat-obatan yang mengobati osteoporosis juga bisa menyebabkan masalah kesehatan gigi meskipun kasusnya jarang terjadi. Dalam sejumlah kasus langka, obat-obatan yang disebut dengan bifosfonat (yang bisa membantu mengobati tulang keropos) ternyata bisa menyebabkan gigi lepas. Kondisi ini dikenal sebagai osteonekrosis rahang.

Cara Ampuh Mengatasi Gigi yang Goyang

Gigi yang goyang sebenarnya bisa diatasi dengan menggunakan cara alami maupun dengan pengobatan rumahan. Tapi jika tidak berhasil, kamu bisa menggunakan beberapa prosedur medis antara lain:

Rutin Membersihkan Karang Gigi

Scaling gigi atau membersihkan karang gigi secara rutin sangat dianjurkan untuk menghindari penumpukan plak pada gigi yang membuat gusi mengalami infeksi (periodontitis). Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan alat bernama ultrasonic scaler yang mampu membersihkan karang gigi, bahkan yang keras sekalipun.

Idealnya, karang gigi dibersihkan dua kali dalam satu tahun. Prosedur ini juga umumnya cukup singkat (tergantung banyaknya karang gigi) dan tidak mengharuskanmu menginap di rumah sakit atau melakukan kontrol.

Terapi Bedah Gusi

Pembedahan pada gusi bisa saja dilakukan untuk mengatasi gigi goyang yang sudah parah. Jenis pembedahannya pun bermacam-macam. Ada yang disebut dengan bone grafting (cangkok jaringan tulang), operasi flap (mengambil jaringan gusi yang sudah meradang dan tulang yang rusak karena penyakit gusi) dan lain sebagainya.

Cabut Gigi

Gigi yang goyang tidak semuanya bisa diselamatkan. Jika kondisinya sudah sangat parah, maka gigi harus dicabut. Proses pencabutan gigi akan dilakukan di bawah pengaruh anestesi sehingga kamu tidak akan merasa sakit selama prosedur dilakukan.

Setelah gigi dicabut, kamu bisa melakukan pemasangan implan gigi di klinik gigi untuk menggantikan gigi yang hilang. Selain menjaga estetika, kelebihan implan gigi juga akan membantu gigi dan mulutmu tetap berfungsi secara normal.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi gigi goyang yang perlu kamu ketahui. Ingin berkonsultasi terkait masalah kesehatan gigimu? Datang saja ke Axel Dental Family Clinic. Kami sudah memiliki pengalaman lebih dari 7 tahun dengan 15 cabang yang tersebar di seluruh Jabodetabek. Hubungi kami sekarang juga untuk informasi selengkapnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *