fbpx
Article

Akar Gigi Keluar dari Gusi, Ini Penyebab dan Penanganannya

  • Home
  • -
  • Keluhan Gigi
  • -
  • Akar Gigi Keluar dari Gusi, Ini Penyebab dan Penanganannya
Akar Gigi Keluar dari Gusi, Ini Penyebab dan Penanganannya

Akar gigi adalah bagian dari gigi yang terletak di bawah gusi dan menopang gigi ke dalam tulang rahang. Dalam kondisi normal, akar gigi tertutup oleh gusi. Agar gigi keluar dari gusi/esksposur akar gigi bisa disebabkan oleh berbagai hal. Apabila kondisi ini tidak menyebabkan rasa sakit, nyeri atau bengkak di gusi, ini tidak perlu dicemaskan. Namun, konsultasi ke dokter tetap dibutuhkan untuk penanganan lebih lanjut.

Apa saja yang bisa menyebabkan agar gigi keluar dari gusi? Bagaimana penanganan masalah ini di dokter gigi? Mari simak penjelasannya berikut ini!

Penyebab Akar Gigi Keluar dari Gusi

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan akar gigi keluar dari gusi antara lain:

Penyakit Gusi (Periodontitis)

Penyakit gusi merupakan salah satu penyebab paling umum dari eksposur akar gigi. Infeksi bakteri pada gusi dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan jaringan gusi, yang pada akhirnya dapat menyebabkan gusi menyusut dan akar gigi terpapar.

Karies gigi atau Gigi Berlubang

Gigi berlubang yang tidak diobati dapat berkembang dan mencapai akar gigi. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada struktur gigi dan gusi, sehingga akar gigi menjadi terekspos.

Proses Bekas Cabut Gigi yang Tidak Sempurna

Proses pencabutan gigi yang tidak dilakukan dengan benar dapat meninggalkan sisa akar gigi di dalam gusi. Sisa akar gigi ini dapat menyebabkan iritasi dan infeksi, yang pada akhirnya dapat mendorong akar gigi keluar dari gusi.

Cara Mengatasi Akar Gigi Keluar dari Gusi

Gigi geraham berlubang berwarna hitam

Seperti yang sudah disebutkan di atas, akar gigi yang keluar dari gusi harus ditangani langsung oleh dokter (tidak bisa ditangani sendiri di rumah). Beberapa cara yang mungkin akan dilakukan oleh dokter antara lain adalah:

Pengobatan Penyakit Gusi

Jika eksposur akar gigi disebabkan oleh penyakit gusi, dokter gigi akan memberikan pengobatan untuk mengendalikan infeksi dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada gusi. Pengobatan ini dapat berupa pemberian antibiotik, terapi periodontal, atau pembedahan gusi.

Restorasi Gigi

Jika akar gigi yang terpapar telah rusak akibat gigi berlubang, dokter gigi akan melakukan restorasi gigi untuk memperbaiki kerusakan dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Restorasi gigi dapat berupa penambalan gigi, pemasangan mahkota gigi, atau perawatan saluran akar gigi.

Pencabutan Gigi

Pada beberapa kasus, eksposur akar gigi yang parah mungkin memerlukan pencabutan gigi. Pencabutan gigi merupakan pilihan terakhir jika akar gigi tidak dapat dipertahankan dengan cara lain.

Bedah Gusi

Dalam beberapa kasus, dokter gigi mungkin perlu melakukan bedah gusi untuk menutupi akar gigi yang terpapar. Bedah gusi dapat membantu mengembalikan estetika gigi dan melindungi akar gigi dari kerusakan lebih lanjut.

Penting untuk diingat bahwa eksposur akar gigi adalah kondisi yang perlu ditangani oleh dokter gigi. Semakin cepat kamu menemui dokter gigi, semakin besar peluang untuk menyelamatkan gigi dan mencegah komplikasi lebih lanjut.

Di Klinik Gigi Axel Dental, kami memiliki tim dokter gigi yang berpengalaman dan profesional dalam menangani berbagai masalah gigi dan gusi, termasuk eksposur akar gigi. Kami menggunakan teknologi dan metode terbaru untuk memberikan perawatan yang aman, efektif, dan nyaman bagi pasien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *