fbpx
Article

Apakah Susu Baik untuk Gigi? Nih, Jawaban Benernya!

  • Home
  • -
  • Seputar Gigi
  • -
  • Apakah Susu Baik untuk Gigi? Nih, Jawaban Benernya!
Apakah Susu Baik untuk Gigi? Nih, Jawaban Benernya!

Ada banyak minuman dan makanan yang diyakini dapat membantu menjaga kesehatan gigi, salah satunya susu. Susu sendiri merupakan salah satu sumber terbaik vitamin dan mineral. Hanya saja, masih banyak yang meragukan apakah susu baik untuk gigi atau tidak. Temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Kebaikan Susu untuk Gigi

Sebotol minuman susu

Selain lezat, susu dan produk olahan susu lainnya adalah sumber kalsium yang mudah didapatkan untuk kesehatan tubuh. Kalsium sendiri juga penting dalam proses metabolisme tubuh. 

Menurut National Institute of Health (NIH), hampir 99 persen kalsium tersimpan di bagian tulang dan gigi. Menurut NIH, setiap orang membutuhkan asupan kalsium sekitar 200-1.300 miligram per hari sejak lahir.

Dengan kata lain, susu sangat baik untuk gigi. Lantas, bagaimana cara kerja susu dalam membantu perawatan kesehatan gigi? Menurut University of Illinois-College of Dentistry di Chicago, susu dan produk susu memiliki sejumlah manfaat untuk gigi, di antaranya adalah sebagai berikut.

Susu Mengandung Kasein

Kasein merupakan protein yang jumlahnya sangat banyak dalam susu. Protein ini berfungsi sebagai lapisan pelindung pada permukaan gigi luar yang disebut dengan enamel. Rutin mengkonsumsi susu akan membuat enamel semakin kuat dan masalah gigi berlubang pun bisa dihindari.

Baca juga: Penyebab Gigi Berlubang Sakit dan Ngilu, Harus Bagaimana?

Kaya Kalsium dan Fosfor

Siapa sih yang tidak tahu kalau susu kaya akan kalsium dan fosfor? Kedua jenis mineral ini berperan penting dalam memperbaiki kerusakan pada gigi yang disebabkan oleh asam dari sisa-sisa makanan.

Kaya Kandungan Vitamin D

Susu juga mengandung banyak vitamin D. Menurut Sunita De Zoysa, dokter gigi di Liverpool, vitamin D berkontribusi aktif dalam penyerapan fosfor dan kalsium. Vitamin ini juga membantu memperbaiki jaringan dentin yang rusak dan mencegah masalah rongga mulut, seperti radang gusi.

Sebagian Besar Jenis Susu Memiliki Ph Netral

Susu dengan pH netral dapat membantu menetralkan asam dan gula yang berasal dari sisa-sisa makanan dan minuman pada gigi. Seperti yang kamu ketahui, asam dan gula dapat memicu terjadinya kerusakan gigi.

Meningkatkan Produksi Air Liur

Air liur dapat mencegah berbagai masalah kesehatan gigi anak dan dewasa, seperti nafas dan bau mulut hingga gigi berlubang. Dengan mengonsumsi susu, maka produksi air liur pun dapat terus terjaga.

Jenis Susu yang Baik untuk Gigi

Segelas minuman susu

Dari sejumlah manfaat di atas, sekarang kamu sudah tahu apakah susu baik untuk gigi atau tidak. Namun tak semua jenis susu memberikan manfaat yang sama untuk kesehatan gigi. Lantas, jenis susu apa yang cocok untuk gigi?

Susu Sapi

Jenis susu terbaik yang bagus untuk kesehatan gigi adalah susu sapi. Para ahli kesehatan pun meyakininya. Sebab, susu sapi mengandung dua nutrisi penting untuk gigi, yakni kalsium dan vitamin D. Keduanya saling bekerja sama dalam memperbarui mineral yang rusak pada gigi. Dengan begitu, risiko kesehatan gigi pun dapat diminimalkan.

Baca juga: Cara Mendapat Manfaat Vitamin C untuk Gigi yang Sehat & Kuat

Susu Almond

Kalau kamu punya alergi laktosa, susu almond bisa menjadi alternatif yang tepat untuk menjaga kesehatan gigi. Jenis susu satu ini memiliki kandungan gula yang lebih rendah dari susu sapi biasa sehingga cocok untuk penderita diabetes.

Hanya saja, almond termasuk jenis kacang-kacangan yang tidak memiliki kandungan kalsium. Otomatis, olahan susunya pun tidak mengandung kalsium. Kalau kamu ingin mengonsumsinya sebagai pengganti susu sapi, carilah produk yang ditambah dengan kalsium sekitar 120 milligram per 100 milliliter.

Susu Oat

Susu oat merupakan jenis susu yang paling digemari oleh orang-orang dengan alergi laktosa. Para vegan juga sering mengonsumsinya sebagai pengganti susu hewani. Kamu pun juga bisa mengkonsumsinya untuk menjaga kesehatan gigi.

Oat sendiri kaya akan kandungan mineral, salah satunya adalah fosfor. Mineral ini bagus untuk menjaga gigi agar tetap kuat dan sehat. Hanya saja, susu oat mengandung kalori yang jauh lebih banyak dari susu sapi. Untuk itu, kamu harus mengkonsumsinya dalam batas wajar agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Susu Kedelai

Alternatif selanjutnya adalah susu kedelai. Jenis susu satu ini juga mengandung vitamin D dan kalsium, meskipun tidak sebanyak pada susu sapi. Namun, kandungan kalori susu kedelai jauh lebih rendah dari susu sapi sehingga cocok untuk penderita penyakit jantung.

Untuk menjaga kesehatan gigi, konsumsi susu kedelai perlu dibatasi. Melansir laman Pyramid Family Dental, mengonsumsi susu kedelai secara berlebihan dapat meningkatkan produksi asam hingga lima kali lebih banyak. Jika kadar asam meningkat, otomatis resiko gigi berlubang dan membusuk juga akan meningkat.

Itu tadi ulasan mengenai apakah susu baik untuk gigi atau tidak. Susu jelas memberikan banyak manfaat untuk kesehatan gigi. Nah, buat kamu yang tidak bisa mengonsumsi susu, kamu bisa menggantinya dengan mengkonsumsi produk olahan susu, seperti keju, yogurt, dan buttermilk. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *