fbpx
Article

Khasiat Super Daun Sirih untuk Gigi dan Efek Sampingnya

  • Home
  • -
  • Seputar Gigi
  • -
  • Khasiat Super Daun Sirih untuk Gigi dan Efek Sampingnya
Khasiat Super Daun Sirih untuk Gigi dan Efek Sampingnya

Masyarakat Indonesia sejak zaman dulu telah terbiasa memanfaatkan berbagai jenis tanaman untuk menjaga kesehatan. Salah satunya adalah penggunaan daun sirih untuk gigi. Orang-orang tua dulu punya kebiasaan mengunyah daun tanaman yang mempunyai nama ilmiah Piper betle tersebut. 

Banyak orang percaya, kalau daun sirih mempunyai manfaat dalam menjaga kesehatan gigi. Namun, apakah kebiasaan mengunyah daun sirih aman? Untuk mengetahui jawabannya secara lengkap, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Sederet Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Manfaat daun sirih untuk gigi

Daun sirih termasuk salah satu tanaman herbal yang mempunyai banyak kandungan nutrisi. Di dalamnya terdapat minyak esensial dalam bentuk terpen dan fenol. Selain itu, daun sirih juga mempunyai berbagai jenis fitokimia, termasuk diantaranya adalah asam sterat, metil eugenol, eucalyptol, eugenol, dan lain-lain. 

Berbagai kandungan nutrisi tersebut, membuat daun sirih bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan gigi dan mulut, seperti: 

Meringankan Masalah Bau Mulut

Masalah bau mulut bisa sangat mengganggu, membuat Anda jadi tak percaya diri ketika berhadapan dengan orang lain. Bau tak sedap dari mulut bisa muncul karena adanya penumpukan bakteri pada mulut yang bercampur dengan sisa-sisa makanan. Situasinya kian bertambah parah kalau Anda mempunyai gigi berlubang. 

Kebiasaan mengunyah daun sirih bisa membantu Anda dalam meringankan permasalahan bau mulut yang tak sedap. Daun sirih untuk gigi memiliki sifat sebagai antibakteri yang bisa secara efektif menghambat pertumbuhan bakteri dalam gigi dan rongga mulut. Alhasil, bau napas tak sedap, hilang. 

Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Selanjutnya, ada pula manfaat daun sirih untuk gigi yang bisa membantu dalam upaya menjaga kebersihan gigi dan mulut. Karakteristik daun sirih yang mempunyai kandungan antibakteri membantu Anda dalam memperoleh manfaat gigi yang bersih dan sehat. 

Kebersihan gigi bisa lebih terjaga karena pertumbuhan bakteri dalam rongga mulut berkurang. Karena jumlah bakteri jahat dalam rongga mulut sangat sedikit, gigi punya jadi lebih kuat dan tidak mudah berlubang. 

Meredakan Rasa Sakit pada Gigi

Rasa sakit pada gigi bisa sangat mengganggu. Permasalahan ini kerap muncul kalau Anda memiliki gigi yang berlubang. Cara mengatasinya cukup sederhana. Anda bisa mencoba untuk mengunyah daun sirih. Tak lama, rasa sakit pada gigi akan mereda. 

Munculnya rasa sakit pada gigi bisa terjadi ketika terjadi penumpukan sisa makanan dan bakteri pada gigi yang berlubang. Sifat antibakteri daun sirih dapat membantu dalam membunuh bakteri dan sekaligus membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi berlubang. 

Baca juga: 11 Pilihan Antibiotik untuk Sakit Gigi yang Perlu Anda Ketahui

Mencegah Pembengkakan Gusi

Anda dapat pula memperoleh manfaat daun sirih untuk gigi yang bisa membantu dalam mencegah masalah gusi membengkak. Pembengkakan pada gusi kerap terjadi karena adanya infeksi oleh bakteri. Dengan menjaga kebersihan gigi, Anda bisa terhindar dari permasalahan ini. 

Kebiasaan mengunyah daun sirih sangat efektif dalam melakukan upaya pencegahan gusi bengkak. Daun sirih dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam rongga mulut. Karena konsentrasi bakteri jahat yang sangat rendah, risiko terjadinya infeksi yang kemudian berakibat pada pembengkakan gusi bisa Anda hindari.

Menghambat Terjadinya Plak Gigi

Plak adalah lapisan lengket dan bening yang dapat terjadi akibat adanya penumpukan sisa-sisa makanan pada gigi. Dalam jangka panjang, plak bisa berkembang menjadi karang gigi. Pada tingkatan lebih lanjut, karang gigi bisa menimbulkan berbagai permasalahan, termasuk di antaranya adalah gigi berlubang, radang gusi, dan lain-lain. 

Daun sirih dengan sifat antibakterinya bisa membantu Anda dalam membersihkan gigi. Dengan gigi yang bersih, risiko munculnya plak serta karang gigi bisa Anda hindari. Tentu saja, Anda tetap harus membiasakan diri untuk menggosok gigi secara rutin 2 kali sehari. 

Baca juga: Penyakit Mengintai! Ini Dampak Malas Menggosok Gigi

Efek Samping Penggunaan Daun Sirih 

efek samping daun sirih untuk gigi

Daun sirih untuk gigi memang mempunyai banyak manfaat. Hanya saja, pemakaiannya juga bisa menimbulkan beberapa efek samping, termasuk di antaranya: 

Sariawan

Dalam praktiknya, kebiasaan mengunyah daun sirih kerap disertai dengan beberapa campuran, termasuk di antaranya adalah buah pinang. Campuran keduanya berisiko menimbulkan permasalahan pada area mulut. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah sariawan. 

Risiko Kecanduan

Efek samping selanjutnya dari kebiasaan mengunyah daun sirih adalah risiko kecanduan. Hal ini bisa terjadi ketika Anda punya kebiasaan mengunyah daun sirih dengan campuran bahan lain berupa tembakau. Campuran keduanya dapat menimbulkan zat adiktif yang mendorong Anda untuk terus-menerus mengunyah daun sirih.

Sampai di sini, Anda jadi tahu kalau ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kebiasaan mengunyah daun sirih. Hanya saja, kebiasaan tersebut juga disertai dengan adanya risiko efek samping yang perlu Anda cermati. 

Selain daun sirih, ada banyak bahan lain yang bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan gigi. Sebagai contoh, Anda bisa mendapatkan manfaat serupa dengan mengunyah permen karet yang memiliki kandungan xylitol ataupun memakai pasta gigi berfluoride. Anda bisa mengetahui manfaat kedua bahan ini lewat Axel Dental

Semoga bermanfaat, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *